Jembatan Barelang Landmark Kemegahan Kota Batam | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Jembatan Barelang Landmark Kemegahan Kota Batam
13.06.2016

Mendengar kata Batam, mungkin para traveler yang belum pernah ke sini bertanya-tanya, apa destinasi yang bagus dan wajib dikunjungi. Batam paling dikenal sebagai tempatnya belanja elektronik murah, walaupun sekarang harganya juga sudah hampir sama seperti di Jakarta.

Tetapi, yang menarik adalah Jembatan Barelang yang menjadi ikon kota Batam. Jembatan Barelang adalah salah satu jembatan di Batam yang menghubungkan Pulau Batam ke pulau-pulau lain di dekatnya seperti Nipah, Galang dan sekitarnya.

Jembatan Barelang Landmark Kemegahan Kota Batam | Breaktime
Megahnya Jembatan Barelang

Sekilas, terlihat tak ada yang istimewa dari jembatan ini, meski jembatan ini begitu megah dan besar. Sehingga, kalau kita melihat jembatan ini dari bawah saja, takkan ada hal yang spesial untuk difoto.

Sengaja saya datang ke sini membawa drone khusus untuk memotret kemegahan jembatan ini dari udara, dan ternyata betul dugaan saya. Jembatan Barelang terlihat begitu cantik ketika difoto dari udara, dengan panjang 2.264 meter, menjadikan jembatan landmark dari Pulau Batam.

Jembatan Barelang pertama kali dibangun oleh B.J. Habibie selaku mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia dari tahun 1992 hingga 1998. Jadi, total keseluruhan pembangunan jembatan tersebut membutuhkan waktu hingga 7 tahun lamanya.

Jembatan Barelang Landmark Kemegahan Kota Batam | Breaktime
Di atas lautan biru yang indah

Jembatan Barelang juga memiliki peran yang sangat penting bagi mobilitas dan transportasi di Batam. Jembatan ini memudahkan para pejalan kaki yang hendak pergi ke pulau-pulau kecil lain untuk keperluan bisnis dan perdagangan. Pulau-pulau kecil yang dimaksud di sini adalah Pulau Nipah, Pulau Galang dan masih banyak lagi. Jembatan ini menghubungkan Batam dengan 6 pulau utama di sekitarnya, yaitu:

  • Jembatan Teuku Fisabilillah

Jembatan Barelang Batam yang pertama adalah Jembatan Teuku Fisabilillah, merupakan jembatan terpanjang sekaligus terbesar dengan total panjang hingga 642 meter. Jembatan ini menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Batam.

Uniknya lagi, ini membuat jembatan tersebut memiliki desain arsitektur yang menyerupai Jembatan Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat. Tak heran jika Jembatan Teuku Fisabilillah menjadi salah satu  tempat tujuan favorit wisatawan di Batam.

Orang- orang umumnya akan mengunjungi jembatan sekedar untuk mengabadikan momen, atau bahkan untuk menyantap makanan dan snack di sejumlah warung dan restoran yang terletak di wilayah jembatan ini.

Jembatan Barelang Landmark Kemegahan Kota Batam | Breaktime
Terlihat kokoh di siang yang terik
  • Jembatan Nara Singa

Jembatan Barelang Batam yang kedua adalah Nara Singa. Jembatan ini menghubungkan Pulau Nipah dengan Pulau Tonton yang juga merupakan gugusan pulau kecil di Batam. Jembatan Barelang II memiliki panjang total 420 meter.

  • Jembatan Ali Haji

Setelah Jembatan Barelang II, ada Jembatan Barelang III yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Jembatan Ali Haji. Jembatan ini menghubungkan Pulau Setokok dengan Pulau Nipah yang panjang totalnya mencapai 270 meter.

  • Jembatan Sultan Zainal Abidin

Tak kalah panjang dengan Jembatan Barelang II, Jembatan Barelang IV ini juga memiliki panjang total 385 meter yang umumnya digunakan oleh warga lokal dan turis untuk menyeberang dari Pulau  Rempang ke Pulau Setoko atau sebaliknya.

Jembatan Barelang Landmark Kemegahan Kota Batam | Breaktime
Mirip seperti Golden Gate, ya?
  • Jembatan Tuanku Tambusai

Jembatan Barelang yang terakhir adalah Jembatan Barelang V atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jembatan Tuanku Tambusai dengan total panjang jembatan mencapai 385 meter. Jembatan Barelang V menghubungkan Pulau Galang dan Pulau Rempang.

Menurut saya, jembatan yang paling bagus untuk difoto adalah jembatan pertama, karena seperti yang disebutkan di atas. Jembatan ini begitu megah dan mirip dengan jembatan yang ada di Amerika. Jika B’timers tidak membawa drone, Anda bisa mendaki sedikit di bukit yang ada di pinggir Jembatan Barelang ini, dan nikmati kemegahan sekaligus keindahan alam di sekitar pulau. (BK)

Share This Article