Jelajahi Alam Lengkap di Kepulauan Togean | Breaktime
Jelajahi Alam Lengkap di Kepulauan Togean
27.09.2016

Pulau Togean yang secara geografis terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah ini memiliki keindahan alam dan suasana yang sangat tenang. Kepulauan Togean merupakan sebuah taman nasional dengan area 292 ribu hektar lautan dan 70 ribu hektar daratan. Kepulauan Togean memiliki wilayah lautan dan daratan yang sangat luas. Itu terdiri dari 6 pulau besar dan 60 pulau kecil yang tersebar.

Anda mungkin belum pernah mendengat tentang Kepulauan Togean, karena memang popularitasnya masih kalah dengan Wakatobi dan Takabonerate. Namun, jangan salah ketika Anda sudah mengetahui tentang taman nasional ini, Anda pasti akan langsung jatuh cinta.

Kepulauan Togean merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yaitu karang atoll, karang barrier, dan karang pantai yang menjadi habitat flora dan fauna. Selain itu, di Kepulauan Togean ini Anda bisa melakukan diving, snorkeling, memancing, berenang, dan berjemur.

Jelajahi Alam Lengkap di Kepulauan Togean | Breaktime
Indahnya salah satu pulau di Kepulauan Togean

Anda juga bisa berlayar menyusuri pulau-pulau yang ada di Kepulauan Togean. Seperti Pulau Batudaka yang merupakan pulau terbesar. Di sana terdapat sebuah desa yaitu Desa Bomba sebagai pemukiman. Anda bisa mengunjungi goa kelelawar yang tidak terlalu jauh dari desa ini. Di desa ini juga sangat cocok untuk berenang dan snorkeling.

Beberapa kilometer kea rah pedalaman, Anda akan menemui sebuah air terjun yang masih sangat alami. Ada juga pulau lainnya yang sangat pas untuk snorkeling dan diving, yaitu Pulau Kadidiri. Yang paling menarik di Kepulauan Togean adalah menjadi habitat Tangkasi (Tarsius Spectrum).

Jelajahi Alam Lengkap di Kepulauan Togean | Breaktime
Tangkasi yang merupakan hewan nocturnal khas Sulawesi

Tangkasi adalah binatang bertubuh kecil seukuran tikus. Tangkasi adalah jenis binatang yang hidup di malam hari. Mangsa utamanya adalah serangga-serangga kecil. Tangkasi hanya bisa ditemukan di Sulawesi, lho B’timers.

Anda tak perlu khawatir juga soal penginapan, karena di Kepulauan Togean sudah banyak dibangun penginapan. Jadi, bagaimana? Anda pasti penasaran, kan dengan Kepulauan Togean. Yuk, liburan santai ke Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah! (vpd)

Share This Article