Ujung Barat Nusantara di Tugu Nol Kilometer | Breaktime
Jelajah Ujung Barat Nusantara di Tugu Nol Kilometer
27.03.2016

Salah satu destinasi menarik yang bisa dikunjungi B'timers saat traveling ke Pulau Weh adalah Monumen Nol Kilometer atau lebih sering disebut dengan nama Tugu Nol Kilometer.

Tugu Nol Kilometer merupakan penanda geografis di ujung barat wilayah Indonesia sekaligus menjadi simbol perekat Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Tak heran bila Tugu Nol Kilometer di Pulau Weh ini punya "kembaran" di wilayah timur, yakni Tugu Nol Kilometer Merauke yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Selain menjadi penanda geografis, Tugu Nol Kilometer di Pulau Weh juga menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Lokasinya berada di wilayah Hutan Wisata Sabang, sekitar 25 menit perjalanan dengan mobil dari Pantai Iboih.

Ujung Barat Nusantara di Tugu Nol Kilometer | Breaktime
Masjid di kawasan Tugu Nol Kilometer Pulau Weh

Awalnya, Tugu Nol Kilometer berupa bangunan setinggi 22,5 meter bebentuk lingkaran berjeruji. Pada bagian puncak tugu terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam.

Saat artikel ini ditulis, Tugu Nol Kilometer sedang mengalami renovasi yang diperkirakan bakal selesai pada akhir tahun 2016. Meskipun sedang dalam proses renovasi, kawasan Tugu Nol Kilometer masih bisa dikunjungi wisatawan.

Posisi Tugu Nol Kilometer Sabang sebenarnya tidak benar-benar berada di batas terluar Indonesia karena masih ada pulau di sisi paling barat Indonesia yaitu Pulau Lhee Blah yaitu pulau kecil di sebelah barat Pulau Breuh.

Ujung Barat Nusantara di Tugu Nol Kilometer | Breaktime
Kondisi bangunan utama Monumen Nol Kilometer saat proses renovasi

Di kawasan Tugu Nol Kilometer Sabang ini wisatawan juga bisa membeli berbagai souvenir menarik khas Sabang, seperti cenderamata dari batok kelapa, kaos Nol Kilometer, serta aneka kuliner Sabang.

Tugu Nol Kilometer Sabang juga disebut-sebut sebagai "Mekah"nya para biker dari berbagai penjuru Indonesia. Tak jarang saat berkunjung ke tempat ini anda akan bertemu dengan biker-biker dari kelas moge, vespa, hingga sepeda balap yang berkunjung ke titik nol di bagian barat Indonesia ini.

Ujung Barat Nusantara di Tugu Nol Kilometer | Breaktime
Tugu Nol Kilometer di Pulau Weh, destinasi wisata di ujung barat Indonesia

Satu lagi yang pantang terlewat oleh wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini adalah Sertifikat Kilometer Nol. Wisatawan bisa mendapatkan sertifikat ini sebagai tanda bahwa ia telah menginjakkan kaki di "kilometer nol" Indonesia.

Menuju Nol Kilometer Pulau Weh

Wisatawan dari Banda Aceh harus menyeberang dari Pelabuhan Ulelheue menuju Pelabuhan Balohan dengan kapal ferry. Lama penyeberangan kurang lebih 2 jam dan tersedia jasa kapal ferry maupun kapal cepat setiap hari. Setiba di Pelabuhan Balohan, B'timers bisa sewa ojek atau mobil menuju Iboih atau langsung menuju Titik Nol dengan jarak tempuh selama kurang lebih 30 sampai 45 menit. (ZA)

Share This Article