Jejak Sejarah Saksi Bisu Peristiwa Sumpah Pemuda | Breaktime
Jejak Sejarah Saksi Bisu Peristiwa Sumpah Pemuda
28.10.2016

Tepat tanggal 28 Oktober ini diperingati Hari Sumpah Pemuda. Peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah Indonesia ini masih memiliki banyak jejak sejarah. Salah satu peninggalannya adalah Museum Sumpah Pemuda yang berdiri kokoh di Jl. Kramat No. 106.

Museum Sumpah Pemuda memiliki cerita panjang hingga bisa menjadi sebuah museum dengan banyak peninggalan peristiwa Sumpah Pemuda yang tertata dan terawat dengan baik. B’timers harus mengetahui sejarah berdirinya Museum Sumpah Pemuda ini, nih!

Jejak Sejarah Saksi Bisu Peristiwa Sumpah Pemuda | Breaktime
Bagian depan Museum Sumpah Pemuda

Sejarah Panjang Berdirinya Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda dulunya adalah sebuah rumah milik Sie Kong Liong. Rumah ini terletak di Jl. Kramat No. 106, Jakarta. Sebelumnya, pada tahun 1926 didirikan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI) dan rumah tersebut dijadikan sebagai kantor PPPI dan kantor redaksi majalah PPPI, yaitu Indonesia Raja.

Semenjak saat itu, rumah Sie Kong Liong sering menjadi tempat diselenggarakannya kongres organisasi pemuda. Rumah ini tercatat dalam sejarah karena menjadi saksi bisu terselenggaranya peristiwa Sumpah Pemuda. Pada tahun 1928 gedung ini diberi nama Indonesia Clubgebouw (gedung pertemuan).

Hingga tahun 1934, rumah ini dijadikan sebagai pusat pergerakan mahasiswa. Pada tahun 1934, rumah ini disewa oleh Pang Tjem Jam. Pada tahun 1937 – 1948 bangunan ini dijadikan sebagai toko bunga dan tahun 1948 – 1951 dijadikan hotel.

Jejak Sejarah Saksi Bisu Peristiwa Sumpah Pemuda | Breaktime
Replika situasi dalam peristiwa Kongres Pemuda II

Sampai akhirnya berubah fungsi lagi pada masa revolusi yaitu sebagai markas pemuda pejuang. Bangunan bersejarah ini akhirnya dijadikan museum oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan diberi nama Gedung Sumpah Pemuda pada tahun 1973.

Nah, B’timers sejak saat itu rumah milik Sie Kong Liong ini berubah menjadi museum yang menyimpan peninggalan-peninggalan tentang peristiwa Sumpah Pemuda. Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk mengingat perjuangan para pemuda Indonesia kala itu. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE