Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda! | Breaktime
Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda!
14.04.2015

Provinsi Banten yang terletak di ujung barat Pulau Jawa memiliki banyak potensi wisata bahari yang menarik untuk dijelajah. Kawasan ini memiliki beberapa pantai dan pulau yang relatif masih alami.

Salah satu pulau yang menjadi andalan wisata Banten adalah Pulau Tunda, atau warga setempat menyebutnya "Pulo Tunda". Namanya unik, seunik pulaunya. Luas pulau ini hanya 257,5 hektar dengan jumlah penduduk lokal kurang lebih 3000 jiwa.

Pulau Tunda sebenarnya sudah lama dikenal di kalangan penggemar snorkeling dan diving karena lokasi pulau ini yang masih berdekatan dengan kawasan Pulau Seribu di Jakarta. Butuh waktu satu jam dengan perahu motor untuk menuju pulau ini dari Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.

Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda!

Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Lokasi pulau ini berada di Laut Jawa, sebelah utara Banten, dan hanya terdiri dari satu desa, yakni Desa Wargasara yang terbagi menjadi dua bagian, Kampung Barat dan Kampung Timur.

Pulau Tunda memiliki banyak spot destinasi bagi penggemar snorkeling dan free dive. Selain itu traveler juga bisa menikmati sunrise dan sunset dari pulau kecil ini. Hanya saja, beberapa fasilitas yang ada masih minim karena belum banyak investor yang berminat untuk mengembangkan potensi wisata di kawasan ini.

Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda!

Pulau ini juga terkenal di kalangan pemancing karena memiliki potensi ikan yang melimpah. Tak heran, banyak traveler yang sengaja membawa peralatan pancing saat berlibur ke pulau ini. Pulau ini bahkan lebih dulu dikenal di kalangan pemancing sebelum menjadi destinasi wisata seperti sekarang ini.

Karena ukuran pulaunya yang relatif kecil, B’timers bisa berjalan kaki mengelilingi pulau saat pagi atau sore. Waktu terbaik untuk trekking di pulau ini adalah sore hari, dimana spot sunset terdapat di pantai sisi barat pulau. Di tempat ini juga terdapat sebuah menara pandang atau mercusuar sederhana.

Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda!

Listrik di Pulau Tunda hanya menyala pada sore hingga malam, sehingga traveler yang membawa handphone atau peralatan elektronik lainnya harus pintar-pintar mengatur waktu untuk selalu charge baterai hingga penuh.

 

Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda!

Akomodasi di pulau ini berupa homestay yang disediakan oleh penduduk setempat. Makanan dan minuman pun disediakan oleh penduduk. Berlibur di pulau ini membuat Anda merasakan langsung keramahan penduduk lokal di Pulau Tunda.

How to get there

Jangan Tunda Menikmati Bawah Laut Pulau Tunda!

Untuk menuju Pulau Tunda, traveler bisa melakukan perjalanan dari Ibu Kota ke arah Serang, dengan tujuan sebuah pelabuhan kecil bernama Karang Antu. Dari tempat ini Anda bisa menyewa perahu motor yang dikelola oleh nelayan setempat untuk menuju Pulau Tunda. Perjalanan dari Karang Antu menuju Pulau Tunda ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam.

Share This Article