Jalan Somba Opu, Tempat untuk Berburu Oleh-oleh | Breaktime
Jalan Somba Opu, Tempat Pas untuk Berburu Oleh-oleh
16.07.2016

Sudah menjadi ritual yang wajib dilakukan setiap kali kita pergi berlibur, yaitu membawa oleh-oleh dari tempat yang kita kunjungi. Anda juga, B’timers? Ya, tidak pernah ada kata lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh untuk membeli buah tangan, yang berupa makanan, pakaian maupun souvenir yang unik. Jika Anda ada rencana untuk berkunjung ke Makassar, datanglah ke Jalan Somba Opu, B’timers.

Tempat hunting oleh-oleh di Makassar

Jalan Somba Opu yang populer ini terletak di Kelurahan Maloku, bagian barat Kota Makassar. Jalan yang membentang dari utara ke selatan ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer, B’timers. Tak jauh dari lokasi Pantai Losari, Fort Rotterdam, Dermaga Kayu Bangkoa, membuat H.M Patompo, Walikota Makassar saat itu menjadikan Jalan Somba Opu sebagai pusat oleh-oleh dan cinderamata khas yang unik.

Anda bisa menemukan puluhan toko yang menawarkan cindera mata khas dari Sulawesi  Selatan. Jangan khawatir, karena harganya pun tidak jauh berbeda antara toko satu dengan lainnya. Namun Anda bisa tetap menawar, kok, B’timers. Selain aneka kerajinan tangan dan souvenir, ada toko-toko yang menjual makanan dan obat-obatan tradisional dari Sulawesi.

Jalan Somba Opu, Tempat untuk Berburu Oleh-oleh | Breaktime
Miniatur ini paling dicari sebagai oleh-oleh Makassar

Berbagai oleh-oleh yang ditawarkan

Yang menjadi souvenir paling banyak dicari oleh wosatawan yang datang berlibur ke Makassar adalah songko’ Bone, kain dan sarung sutera Bugis dari Wajo. Baju-baju dan gantungan kunci dengan tulisan Makassar, maupun miniatur Perahu Pinisi juga tersedia hampir de setiap toko sepanjang jalan ini, lho. Anda bisa membeli makanan mulai dari kacang disko, kue bagea, kue baruasa hingga kopi.

Di Jalan Sombu Opu juga tersedia obat-obatan tradisional, seperti minyak gosok Cap Tawon dan Cap Beruang. Nah, siap-siap bingung memilih oleh-oleh mana yang ingin dibeli, ya, B’timers! (NO)

Share This Article