Jakarta Jalan-Jalan, Traveling + Kegiatan Sosial | Breaktime
Jakarta Jalan-Jalan, Traveling Plus Kegiatan Sosial
01.04.2016

Jakarta Jalan-jalan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Triple J adalah sebuah komunitas yang mewadahi penggemar traveling dari kalangan pekerja di ibukota.

Triple J terbentuk pada 29 Maret 2012 yang diprakarsai oleh Dhayan Amiey dan Aditya Alfikri. Dari inisiatif keduanya lahir sebuah komunitas traveling dengan anggota dari berbagai latar belakang pekerjaan dan profesi.

Seiring berkembangnya agenda trip ke berbagai destinasi, anggota Triple J pun makin bertambah hingga mencapai 55 orang pada awal tahun 2016. Tak hanya dari kalangan pekerja atau karyawan, anggota Trile J pun banyak yang dari kalangan mahasiswa dan pelajar.

Domisili anggota pun tidak hanya berasal dari Jakarta (sesuai namanya, Jakarta Jalan-jalan) tetapi telah berkembang ke berbagai kota seperti Tangerang, Pandeglang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Salatiga, Jogjakarta, Malang, Bali, hingga Lombok.

Jakarta Jalan-Jalan, Traveling + Kegiatan Sosial | Breaktime
Untuk menekan biaya traveling, Triple J menerapkan sistem cost sharing

Triple J merupakan komunitas non profit, di mana biaya untuk keperluan traveling menggunakan sistem share cost menyesuaikan tujuan dan jumlah peserta yang ikut dalam sebuah trip.

Tak hanya jalan-jalan, Triple J juga mengagendakan kegiatan sosial bertajuk Charity Trip. Dana untuk kegiatan sosial ini berasal dari anggota dan fee peserta trip sebesar 2,5 persen.

Charity Trip merupakan agenda sosial yang bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dan membantu saudara-saudara yang kurang beruntung di destinasi tujuan. Lebih khusus, program Charity Trip juga rutin diadakan setiap bulan puasa Ramadhan.

Salah satu lokasi yang pernah menjadi tujuan Charity Trip dari komunitas ini adalah di Provinsi Lampung, saat melakukan perjalanan menuju Pulau Sebesi dan Anak Gunung Krakatau.

Jakarta Jalan-Jalan, Traveling + Kegiatan Sosial | Breaktime
One Traveler One Book dari Triple J di Pulau Belitung

Selain Charity Trip, bentuk kegiatan lain yang juga dilakukan oleh Triple J berupa "One Traveler, One Book". Di media sosial, kampanye gerakan ini dikenal dengan tagar #1Traveler1Book.

One Traveler One Book merupakan sebuah gerakan sosial yang mengajak traveler untuk membawa minimal satu buku cerita, buku pelajaran, atau buku pengetahuan umum kepada adik-adik usia Sekolah Dasar di destinasi tujuan di pelosok Nusantara.

Kampanye ini bertujuan untuk menjadikan para traveler sebagai distributor buku di destinasi-destinasi yang dikunjungi, serta memberikan dampak postif kepada masyarakat sekitar.

Jakarta Jalan-Jalan, Traveling + Kegiatan Sosial | Breaktime
Kebersamaan menjadi kunci solidnya komunitas traveling Triple J

Sebagai wujud kecintaan pada Jakarta, Triple J memiliki agenda Vakansi Satu hari. Kegiatan ini biasanya mengunjungi destinasi-destinasi menarik di Jakarta, seperti museum, kuliner, dan sebagainya. Vakansi Satu Hari juga mampir di beberapa kota sekitar ibu kota, seperti Banten, Bogor, dan Cirebon.

Visi dan misi Triple J adalah ikut serta dalam mengembangkan potensi wisata Indonesia agar warga negaranya lebih bisa menikmati negeri ini.

Keseruan aktivitas Triple J dan foto-foto dari destinasi yang dikunjungi bisa dilihat di Instagram @jktjalanjalan dan Twitter @jktjalanjalan.

Bagi B'timers yang ingin main ke bascamp Triple J, kunjungi alamatnya di Jalan Pondok Pinang Raya No. 28, Pasar Jumat, Jakarta Selatan 12310. (ZA)

Share This Article