Indonesia Jadi Negara Destinasi Muslim Milenial | Breaktime
Indonesia Jadi Negara Destinasi Muslim Milenial
01.12.2017

Malaysia, Indonesia, dan Jepang dinobatkan sebagai negara destinasi favorit wisatawan Muslim milenial sepanjang tahun 2017. Menurut survey Muslim Travelling Millennial Travel Report 2017, mayoritas responden memilih tiga negara ini karena masuk kategor terjangkau, otentik, dan mudah diakses.

Trend wisatawan Muslim di kalangan milenial akhir-akhir ini terus meningkat. Indonesia, Malaysia, dan Jepang bisa menjadi contoh negara-negara lain untuk menyasar segmen ini karena diprediksi akan menembus pasar senilai 100 milar dolar pada tahun 2025. Survey tersebut dilakukan secara online antara bulan April sampai September 2017 pada hampir 400 responden berusia 18 hingga 36 tahun dari wilayah Afrika, Amerika, Asia Pasifik, Eropa, dan Timur Tengah.

Indonesia Jadi Negara Destinasi Muslim Milenial | Breaktime
Gili Trawangan di Lombok, salah satu destinasi wisata halal andalan Indonesia
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kuliner Halal Di Hanoi Ya Cuma Di Sini!

Sejumlah penilaian diantaranya langsung pada proses perencanaan dan perjalanan para pelancong Muslim milenial. Hal lain yang diperhatikan adalah aktivitas yang dilakukan selama berwisata dan ketergantungan pada media sosial serta perilaku digital lainnya.

Lebih dari 93 persen responden mengatakan bahwa tiga alasan mereka bepergian ke negara destinasi Muslim adalah untuk liburan, mengenal budaya lokal, dan mengunjung teman atau keluarga.

Hampir setengahnya mengatakan bahwa mereka melakukan perjalanan dua sampai lima kali dalam setahun, sementara 41 persen mengatakan bahwa mereka biasanya bepergian dengan keluarga, dan 32 persen mengatakan mereka bepergian bersama teman seperjalanan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
7 Negara Ini Untuk Liburan Akhir Tahun Dadakan
Indonesia Jadi Negara Destinasi Muslim Milenial | Breaktime
Batu Caves, destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan Indonesia di Kuala Lumpur

Perjalanan mereka rata-rata berlangsung selama empat sampai enam hari dan menghabiskan antara 100 sampai 500 USD untuk biaya liburan yang meliputi akomodasi, transportasi, makan, belanja, aktivitas di tempat wisata, dan kebutuhan lainnya.

Khusus untuk wisatawan kalangan milenial, aktivitas mereka sangat dipengaruhi oleh informasi online yang diposting oleh wisatawan lainnya atau melalui situs perjalanan. Mayoritas responden mengutamakan hotel yang mudah terjangkau, lokasi, dan ketersediaan wifi.

Indonesia Jadi Negara Destinasi Muslim Milenial | Breaktime
Kuil Emas Kyoto, semakin banyak traveler Muslim yang berkunjung ke Jepang
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kecanggihan Terminal Baru Di Bandara Changi

Saat ini diperkirakan ada sekitar satu miliar traveler Muslim berusia di bawah 30 tahun dan mewakili 60 persen populasi di negara-negara mayoritas Muslim. Kalangan ini diperkirakan mencapai 29 persen dari populasi global berusia antara 15 dan 29 tahun pada 2030.

Bagi Indonesia, urutan kedua sebagai tiga negara destinasi favorit traveler Muslim milenial menjadi tantangan tersendiri untuk bersaing. Di tingkat regional Asia Tenggara, pesaing ketat Indonesia adalah Malaysia dan Thailand.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE