Indah Siak Sri Indrapura, Istana Matahari Timur | Breaktime
Indahnya Siak Sri Indrapura, Istana Matahari Timur
14.07.2016

Siak Sri Indrapura yang merupakan Ibukota Kabupaten Siak ini kabupaten terkaya yang ada di Provinsi Riau, lho, B’timers. Namun tak hanya itu, Siak ternyata memiliki destinasi wisata unik yang wajib untuk dikunjungi saat liburan. Salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura. Dari namanya sih, terdengar biasa saja. Eits, tunggu dulu! Ini dia keistimewaan dari istana menakjubkan di Riau, B’timers!

Indah Siak Sri Indrapura, Istana Matahari Timur | Breaktime
Salah satu koleksi yang ada di dalam Istana Siak

Istana Matahari Timur yang indah

Istana Siak Sri Indrapura merupakan kediaman Sultan Siak yang mulai dibangun tahun 1889, pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim, B’timers. Istana yang baru selesai tahun 1893 ini memiliki julukan unik, B’timers, yaitu Istana Matahari Timur. Kompleks istana dengan luas sekitar 32.000 meter persegi ini terdiri dari 4 istana, yaitu Istana Siak, Istana Lima, Istana Padjang dan Istana Baroe.

Jika Anda datang ke istana ini, pasti akan kagum dengan bentuk bangunan dan arsitekturnya, B’timers. Itu karena Istana Siak memiliki paduan corak Melayu, Arab dan Eropa. Yang menjadikan istana di Riau ini menarik, adalah karena terdapat peninggalan sejarah yang dinamakan Komet, atau alat musik klasik. Uniknya, alat musik ini hanya ada dua buah saja di dunia, lho, B’timers!

Indah Siak Sri Indrapura, Istana Matahari Timur | Breaktime
Ini dia alat musik klasik peninggalan sejarah yang langka

Kerajaan terbesar yang ada di Riau

Istana Siak berlokasi di pusat kota Kabupaten Siak. Keindahan alam dari istana yang sangat dekat dengan Sungai Siak bisa Anda saksikan dengan asrinya tanaman hijau di area ini. Namun yang paling menarik wisatawan untuk datang berkunjung adalah koleksi peninggalan sejarah kerajaan Islam terbesar di Riau. Mulai dari cermin permaisuri, piring, sendok, meriam hingga keris ada di istana ini, B’timers.

Jika ingin mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari pusat Kota Pekanbaru. Namun dengan kondisi jalan yang sudah sangat baik, Anda tidak perlu khawatir, B’timers. Liburan sambil mengenal beragam cerita seru dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia bisa sangat seru dan mengasyikkan, lho. Jadi ada ilmu baru yang Anda dapatkan saat liburan.

Selain Istana Siak Sri Indrapura, banyak destinasi unik yang bisa Anda kunjungi di Siak Sri Indrapura, lho. Mulai dari Balai Kerapatan Adat Siak, Masjid Raya Syahabudin, hingga Qween Star Waterpark Siak. (NO)

Share This Article