Indahnya Kecantikan Mistis Danau Kastoba | Breaktime
Indahnya Kecantikan Mistis Danau Kastoba
14.04.2015

Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang sangat menarik mulai dari Gunung Bromo, Kawah Ijen, Gua Gong, Pantai Watu Ulo sampai dengan Ranukumbolo di ‘pelataran’ Gunung Semeru. Sayangnya, tidak banyak dari tempat-tempat wisata alam nan cantik tersebut yang terekspos, misalnya saja Danau Kastoba yang terletak di Pulau Bawean ini.

Danau yang airnya sangat jernih hingga bisa langsung diminum ini terletak di Dusun Candi, Desa Peromaan, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk menuju danau satu ini, B’timers harus menempuh jalan setapak naik dan turun dengan pemandangan hutan hijau Gunung Sabu. Dari atas perbukitan ini, Anda dapat melihat hamparan hijau dan luasnya Pulau Bawean yang eksotis.

Aura mistis yang menyelubungi kecantikan Danau Kastoba
Aura mistis yang menyelubungi kecantikan Danau Kastoba

Setelah melalui jalan setapak yang jauhnya kurang lebih 1 kilometer tersebut, B’timers akan langsung dihadapkan pada bentangan air dengan kejernihan dan pantulan cahaya matahari di permukaannya. Walaupun letaknya cukup jauh dan melelahkan untuk mencapainya, namun setiap hari libur tiba danau ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan lokal atau juga dari mancanegara. 

Di sekeliling danau, banyak sekali pohon-pohon besar dan tinggi yang diperkirakan berusia ratusan tahun. Selain itu, banyaknya satwa dan beragam jenis serangga juga menjadi daya tarik lain dari Danau Kastoba. Di lokasi ini, B’timers juga bisa mendirikan tenda dan menginap untuk menikmati pemandangan langit malam yang menakjubkan.

Di tengah keindahan danau ini, ada selubung mistis yang hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Kabarnya, tak ada seorang pun yang diperbolehkan berenang atau menyelam di danau ini. Hal inipun masih berlaku bagi siapapun yang berkunjung ke Danau Kastoba.

Apabila B’timers tertarik dan tertantang pergi ke Danau Kastoba, pack your bag now! Susuri keindahan alam di Gunung Sabu dan nikmati eksotisme danau cantik ini!

Share This Article