Iboih, Destinasi Pecinta Bawah Laut Pulau Weh | Breaktime
Iboih, Destinasi Favorit Pecinta Bawah Laut Pulau Weh
26.03.2016

Berwisata ke Provinsi Aceh Nanggroe Darussalam belum lengkap tanpa berkunjung ke Pulau Weh. Salah satu tempat paling ramai di pulau ini adalah Pantai Iboih.
Pantai Iboih banyak dikunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara karena merupakan salah satu tempat dengan fasilitas paling lengkap di Pulau Weh.
Di kawasan pantai ini terdapat berbagai persewaan alat snorkeling, diving, paket perjalanan, sewa sepeda motor hingga mobil, warung-warung pusat kuliner khas Aceh, toko souvenir, hingga penginapan dari kelas backpacker sampai cottage mewah di pinggir pantai.

Iboih, Destinasi Pecinta Bawah Laut Pulau Weh | Breaktime
Pemandangan perairan di sekitar Pantai Iboih, Pulau Weh

Selain fasilitas yang lengkap tadi, Pantai Iboih juga dikaruniai pasir putih yang bersih, pemandangan yang indah, taman bawah laut yang tiada duanya dan hutan wisata yang masih alami menjadi daya pikat wisatawan.
Di Iboih terdapat dua pantai yang banyak dikunjungi. Pantai pertama terletak di dekat kawasan masuk Iboih di mana biasanya pengunjung memarkir kendaraan dan beribadah di masjid Iboih.
Pantai yang panjang ini memiliki pemandangan Pulau Rubiah dan air laut bening berwarna biru muda. Tetapi karena letaknya yang tepat di pusat keramaian, pantai ini jarang digunakan untuk berenang kecuali anak-anak.

Iboih, Destinasi Pecinta Bawah Laut Pulau Weh | Breaktime
Menikmati hammock di salah satu cottage Pantai Iboih

Wisatawan menjadikan tempat ini sebagai sarana transit sebelum melakukan aktivitas snorkeling atau diving di sekitar Pulau Rubiah. Tarif sewa perahu motor yang bisa memuat empat hingga enam orang bervariasi mulai Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta tergantung tujuan dan lama sewa.
Selain dengan snorkeling, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan menggunakan boat beralas kaca. Tanpa perlu berenang, wisatawan bisa menikmati warna-warni terumbu karang dan beragam ikan di sekeliling Pulau Rubiah.

Iboih, Destinasi Pecinta Bawah Laut Pulau Weh | Breaktime
Penyedia jasa snorkeling dan aktivitas wisata lainnya di sekitar Iboih

Bagi B'timers penggemar diving, sejumlah dive center menyediakan paket diving hingga proses pembuatan sertifikat atau lisensi selam. Tersedia instruktur atau guide berstandar internasional di sekitar Iboih bagi B'timers yang ingin belajar selam.
 
Sejumlah dive sites yang menjadi tujuan para diver menuju destinasi ini adalah Batee Tukong, Arus Paleh dan Ship Wreck, di mana diver bisa melihat hiu bintang, manta ray, dan penyu di antara ribuan ikan dan koral khas Pulau Weh. (ZA)

Share This Article