Hal Saat Perayaan Festival Songkran Bangkok | Breaktime
Hal Khusus Saat Perayaan Festival Songkran Bangkok
19.04.2016

B'timers yang traveling ke Bangkok pertengahan April ini tentu sudah tak asing lagi dengan Festival Songkran, festival perang air terbesar di Asia Tenggara sekaligus peringatan tahun baru Thailand.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika traveling ke Bangkok saat Festival Songkran, seperti melindungi benda-benda penting ponsel, dompet, dan kamera dari air serta memperhatikan lalu lintas dan kondisi situasi di sekitar lokasi yang dituju.

Pada Festival Songkran tahun ini, khususnya di Bangkok, kepolisian setempat telah mengeluarkan instruksi untuk merayakan Songkran hanya dua hari, yakni di tanggal 13 dan 14 April kemarin.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Festival Songkran dirayakan selama tiga hari sampai satu minggu, namun khusus tahun ini dilakukan pembatasan mengingat Thailand sedang mengalami musim kemarau dan krisis air.
 

Hal Saat Perayaan Festival Songkran Bangkok | Breaktime
Festival Songkran tahun ini berlangsung selama dua hari, 13 dan 14 April 2016

Selama perayaan Songkran, setidaknya ada 10 kawasan jalan utama yang ditutup untuk kendaraan bermotor. Kawasan jalan-jalan ini ditutup mulai siang sampai jam 9 malam untuk perayaan Songkran.

Sejumlah kawasan yang ditutup tersebut di antaranya Silom Road, Khaosan Road, Chakkrapong, Ladprao Road, Soi Sangkom, termasuk jalan utama di sekitar pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Siam dan Paragon.

Pihak kepolisian Thailand meningkatkan pengamanan dan memberlakukan denda hingga 1000 baht bagi setiap kendaraan yang melanggar atau memasuki jalanan yang ditutup untuk Songkran.

Hal Saat Perayaan Festival Songkran Bangkok | Breaktime
Wisatawan asing berdatangan ke Thailand untuk merayakan Festival Songkran

Selain pembatasan penggunaan air, pihak berwenang juga menghimbau mengurangi penggunaan bedak dan alkohol selama Festival Songkran. Hal ini untuk mencegah tindak kriminal khususnya pada wisatawan asing.

Meski jalan-jalan utama di Bangkok banyak yang ditutup untuk perayaan Songkran, pusat-pusat perbelanjaan seperti Paragon dan Platinum tetap buka. Sementara itu BTS Skytrain pun tetap beroperasi seperti biasa.

Hal Saat Perayaan Festival Songkran Bangkok | Breaktime
Salah satu pusat perbelanjaan ternama di Bangkok, tetap buka selama Songkran

Festival Songkran juga merupakan hari libur nasional Thailand, dimana banyak instansi dan kantor pemerintah tutup. Pastikan membawa uang tunai mata uang Baht secukupnya karena banyak ATM yang kehabisan uang tunai pada periode peak season seperti Songkran.

Berkunjung ke Thailand, khususnya Bangkok, saat Festival Songkran memberi pengalaman tersendiri karena kita bisa merasakan langsung festival air terbesar di Asia Tenggara tersebut. Bagaimana B'timers, tertarik untuk pergi ke Bangkok untuk merayakan Festival Songkran tahun depan? (ZA)

Share This Article