Gunung Padang Cianjur, Sejarah Masa Megalitikum | Breaktime
Gunung Padang Cianjur, Sejarah Masa Megalitikum
03.09.2016

Pernah berlibur ke salah satu situs peninggaan bersejarah dari zaman batu, B’timers? Coba datang ke Gunung Padang, yuk! Destinasi ini merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum yang ada di Jawa Barat. Berada di ketinggian 885 mdpl, area situs yang satu ini mencapai luas sekitar 3 hektar, lho. Yuk, intip seperti apa keunikan dari Gunung Padang ini, B’timers!

Gunung Padang Cianjur, Sejarah Masa Megalitikum | Breaktime
Batuan bukti prasejarah dari masa lalu di Jawa Barat

Situs prasejarah yang sempat terlupakan ditemukan

Jika ingin menuju lokasi, Anda harus sedikit berjuang, nih. Ini karena Gunung Padang terletak di daerah berbukit yang curam dan sulit dijangkau, B’timers. Kompleksnya memanjang dan menutupi permukaan bukit yang dibatasi barisan batuan andesit besar berbentuk persegi. Dan lembah-lembah dalam menjadi pagar yang mengelilinginya.

Menurut legenda penduduk setempat, di titik ini dulunya Prabu Siliwangi, sang Raja dari Kerajaan Sunda berusaha membangun istana dalam semalam saja. Namun dari bukti penelitian, Gunung Padang adalah tempat pemujaan masyarakat yang tinggal di tempat tersebut pada sekitar 2000 tahun SM, B’timers. Tak hanya itu, ada kemungkinan musik sudah dikenal pada masa itu.

Gunung Padang Cianjur, Sejarah Masa Megalitikum | Breaktime
Wow! Bukit ini bukan bentukan alam, lho, B’timers!

Ruang bawah tanah penyimpan misteri dari masa lalu

Yang membuat Gunung Padang unik adalah, ternyata bukit tempat berdirinya batuan berukuran besar tersebut bukanlah bukit alami, B’timers. Kemungkinan besar masyarakat masa lalu yang pernah hidup di wilayah tersebut membangun bukit tinggi untuk sarana pemujaan, B’timers. Dan ada satu lagi keunikan yang tersembunyi dari Gunung Padang. Yaitu, ditemukannya ruang bawah tanah di sini!

Di bawah kedalaman sekitar 4 atau 5 meter, ditemukan ada struktur bangunan dan ruang-ruang bawah tanah. Susunan batuan yang unik, ditambah bukit buatan tangan manusia dan ruangan tersembunyi di kedalaman bukit. Tak salah lagi, kemungkinan situs ini merupakan bukti peradaban tertua manusia yang tersembunyi selama ini.

Hanya ada satu kata, yang sanggup menggambarkan Situs Gunung Padang ini, B’timers. Wow! (NO)

Share This Article