Gua Jomblang, di Hutan Purba dengan Sinar Surga! | Breaktime
Gua Jomblang, di Hutan Purba dengan Sinar Surga!
17.09.2016

Para adventurer pasti mencari destinasi unik yang menantang keberanian. Anda sudah pernah ke Gua Jomblang di Yogyakarta belum, nih, B’timers? Termasuk gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk karena adanya proses geologi, yaitu amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atas ke dasar bumi. Dan ini terjadi ribuan tahun yang lalu. Nah, berikut ini keseruan yang akan Anda dapatkan jika berlibur ke Gua Jomblang, B’timers!

Gua Jomblang, di Hutan Purba dengan Sinar Surga! | Breaktime
Berkas cahaya dari surge yang turun ke tanah purba

Salah satu gua unik dari ratusan kompleks gua

Gua Jomblang ini ternyata masih merupakan salah satu dari ratusan kompleks gua Gunungkidul yang terkenal dari keunikan dan keindahannya, B’timers. Untuk menikmati keindahan dari Gua Jomblang, Anda harus memasuki hutan purba yang cukup rapat, lho. Nah, pastikan Anda telah mempersiapkan fisik dengan matang sebelum memutuskan untuk berlibur ke sini, ya?

Dan meskipun Anda merupakan pemula, jangan khawatir, karena untuk turun ke dasar Gua Jomblang disediakan pendamping yang telah berpengalaman. Selain itu, Anda juga wajib menggunakan peralatan khusus yang dijamin keamanannya, B’timers. Sebelum turun, aka nada kuliah singkat mengenalkan Anda pada nama dan fungsi masing-masing alat yang digunakan.

Ada beberapa lintasan di Gua Jomblang dengan ketinggian yang beragam, mulai dari 40 hingga 80 meter yang bisa Anda pilih. Selama 15 meter pertama, Anda masih bisa menapakkan kaki di dinding dua. Tapi setelah itu, Anda akan merasakan keseruan melayang di udara tanpa bisa menyentuh apapun yang kokoh di sekeliling Anda, B’timers. Baru setelah sekitar 20 meter, Anda akan sampai di dasar gua.

Menapakkan kaki di dasar gua yang gelap, menatap ke langit dan mendapatkan ada berkasan cahaya yang menembus atap gua. Semuanya akan mengundang decak kagum Anda, deh, B’timers! (NO)

Share This Article