Golden Rock, Batu Emas Sakral di Kyaikhtiyo | Breaktime
Golden Rock, Batu Emas Sakral di Kyaikhtiyo
10.11.2015

Myanmar yang terletak di antara Thailand, China, dan India, terkenal memiliki berbagai destinasi bernuansa religi, terutama Buddha yang menjadi mayoritas agama warga negara ini.
 
            Tak heran bila dengan mudah bisa ditemui berbagai tempat wisata religi di Myanmar, mulai dari pusat kota hingga daerah pedalaman. Salah satu destinasi yang cukup terkenal di pelosok Myanmar adalah Golden Rock Pagoda.
 
            Lokasi Golden Rock berada di puncak bukit dengan jarak sekitar 11 kilometer dari kota terdekat, Kinpun. Wisatawan harus naik truk yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi kendaraan umum untuk naik turun bukit melewati jalanan yang cukup curam.
 
            Kinpun merupakan sebuah kawasan terminal yang berada di kota kecil bernama Kyaikhtiyo. Dari Yangon, wisatawan bisa naik bis umum dari terminal Aung Mingalar dengan lama perjalanan kurang lebih 4 jam.

Golden Rock, Batu Emas Sakral di Kyaikhtiyo | Breaktime
Aktivitas masyarakat di sekitar Pagoda Golden Rock

Dari Kinmon Sakhan (Kinmon Camp) yang merupakan pemberhentian terakhir sebelum Golden Rock, wisatawan harus berjalan kurang lebih 15 menit untuk menuju area utama dari lokasi pagoda. Sesuai namanya, keindahan pagoda ini terletak pada sebuah batu besar setinggi 9 meter berlapis emas yang di atasnya terdapat sebuah stupa setinggi 33 meter.
 
            Menurut sejarah, Golden Rock sudah ada sejak 2500 tahun lalu dan terbentuk dari proses alami selama berabad-abad yang membuat posisi batu benar-benar miring di tepian tebing puncak bukit.
 
            Di bagian dalam pagoda juga terdapat beberapa helai rambut Buddha Gautama yang diberikan kepada seorang pertama yang tinggal di puncak bukit ini. Golden Rock telah lama menjadi tempat yang disucikan bagi peribadatan umat Buddha di Myanmar.

Golden Rock, Batu Emas Sakral di Kyaikhtiyo | Breaktime
Golden Rock berjarak sekitar enam jam perjalanan dari Yangon

Waktu terbaik untuk mengunjungi Golden Rock adalah pagi atau sore hari, di mana lokasi ini juga merupakan spot sunrise dan sunset. Karena itu, banyak wisatawan yang bermalam di sekitar area Golden Rock. Fasilitas hotel dan penginapan pun mudah ditemui di kawasan pegunungan ini.
 
            Dalam beberapa tahun ke depan, wisatawan bisa menuju Golden Rock dengan lebih mudah dan nyaman karena saat ini sedang dibangun fasilitas kereta gantung yang menghubungkan Kinpun dengan Kinmon Sakhan. (za)

Share This Article