Gili Nanggu, Tak Kalah Cantik Dengan Gili Trawangan | Breaktime
Gili Nanggu, Tak Kalah Cantik Dengan Gili Trawangan
09.04.2015

B'timers yang pernah jalan-jalan ke Pulau Lombok tentu sudah tak asing lagi dengan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang terletak di bagian utara pulau di Nusa Tenggara Barat ini.

Namun bila mulai bosan dengan suasana gili-gili di utara, tak ada salahnya Anda mencoba suasana baru di bagian selatan Pulau Seribu Masjid ini. Salah satu destinasi yang bisa menjadi alternatif adalah Gili Nanggu.

Gili Nanggu merupakan salah satu pulau di sisi barat Pulau Lombok yang letaknya berdekatan dengan Gili Kedis dan Gili Sindak. Pulau dengan luas hanya 12,5 hektar ini dikelola dengan konsep virgin island untuk mempertahankan alam yang alami dan asri.

Akses menuju Gili Nanggu cukup mudah, Anda bisa menuju kawasan ini melewati Sekotong dengan kondisi jalanan perbukitan di tepi pantai yang sudah teraspal halus. Perjalanan selama 2 jam dari Mataram akan terasa singkat karena pemandangan alam gunung dan pantai khas Lombok yang menyejukkan mata.

Gili Nanggu, Tak Kalah Cantik Dengan Gili Trawangan

Pelabuhan Tawun menjadi checkpoint sebelum B’timers menyeberang ke Gili Nanggu dengan perahu motor yang bisa mengangkut antara 10 hingga 15 orang. Hanya perlu waktu kurang dari 30 menit dari pelabuhan Tawun mencapai dermaga pantai Gili Nanggu.

Tiba di pulau kecil ini, Anda akan disambut sebuah dermaga kayu, serta pemandangan pantai berpasir putih yang landai dan beberapa cottage di tepi laut yang membuat Gili Nanggu semakin cantik dan eksotis.

Tak hanya jalan-jalan di pasir pantainya yang halus, Anda juga bisa trekking ke dalam pulau yang ditumbuhi pepohonan khas Gili Nanggu. Saat siang, kawasan hutan Gili Nanggu ini cukup teduh, lokasi yang sempurna untuk melepas letih, dan tersedia beberapa cottage di tengah pulau yang bisa disewa untuk menginap.

Bicara pulau di Lombok tentu tak bisa lepas dengan pemandangan bawah lautnya, tak terkecuali Gili Nanggu. Spot snorkeling di pulau ini ada di sepanjang sisi utara dan timur, dengan kontur pantai yang landai dan terumbu karang yang relatif masih alami.

Bagi penikmat pemandangan bawah laut, usahakan untuk membawa peralatan snorkeling sendiri karena di Gili Nanggu belum terdapat banyak persewaan alat snorkeling seperti di Gili Trawangan.

Setelah puas trekking dan snorkeling, aroma seafood dan menu khas Lombok lainnya dari cafe dan resto sederhana tak jauh dari cottage di tepi pantai akan menggoda selera Anda. Tak perlu repot untuk membawa bekal makanan dan minuman karena sudah tersedia beberapa stand yang menjual kebutuhan tersebut di pulau ini.

How to get there

Gili Nanggu, Tak Kalah Cantik Dengan Gili Trawangan

Untuk mencapai Gili Nanggu, B’timers bisa melalui dua pintu masuk, yaitu pelabuhan Lembar dan pelabuhan Tawun. Dari pelabuhan Lembar butuh waktu sekitar 30 menit menuju Gili Nanggu, sementara dari pelabuhan Tawun hanya perlu waktu 15 menit. Suasana di Gili Nanggu seperti pulau pribadi, di mana tidak ada kendaraan bermotor maupun pedagang asongan yang mengganggu suasana liburan di pulau cantik ini.

Share This Article