Jilid Dua, Momen Tepat Kunjungi Sumbawa | Breaktime
Festival Pesona Tambora Jilid Dua, Momen Tepat Kunjungi Sumbawa
28.02.2016

Apakah B'timers sedang merencanakan perjalanan ke Nusa Tenggara Barat tahun ini? Pulau Sumbawa bisa menjadi alternatif tujuan seiring dengan rencana digelarnya Festival Pesona Tambora (FPT).

FPT tahun 2015 sukses mengangkat pamor wisata alam dan budaya Sumbawa bertepatan dengan momentum peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora.

Kesuksesan FPT pada edisi pertama itulah yang akan menjadi acuan digelarnya FPT jilid kedua pada tanggal 11 hingga 16 April 2016 sebagai salah satu festival berskala nasional.

Festival Pesona Tambora 2016 merupakan wujud tindak lanjut dari Festival Tambora edisi pertama saat Presiden Jokowi meresmikan kawasan Tambora sebagai taman nasional.

Jilid Dua, Momen Tepat Kunjungi Sumbawa | Breaktime
Air terjun Pulau Moyo, salah satu destinasi wisata di Sumbawa

Sejumlah acara yang akan digelar untuk meramaikan FPT 2016 antara lain Tambora Running (Ultra Run 320 km dan 100 km, Tambora Ultra 50 km dan 25 km), Tambora Bike Event, Tambora Festival, Pulau Satonda (Tambora Literary dan Film Festival), pameran seni rupa, dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda dan Ritus Budaya Tamboraman.

Pamor Sumbawa sebagai destinasi wisata memang belum seperti Lombok -pulau besar lainnya di provinsi Nusa Tenggara Barat- yang lebih dulu terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jilid Dua, Momen Tepat Kunjungi Sumbawa | Breaktime
Danau air asin di Pulau Satonda yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing

Dengan digelarnya Festial Pesona Tambora dua tahun berturut-turut, diharapkan wisatawan semakin melirik Sumbawa sebagai destinasi alternatif mengingat banyaknya potensi di kawasan ini, seperti Pulau Moyo, Pulau Satonda, hingga Taman Nasional Tambora yang baru diresmikan tahun 2015 kemarin.

Menuju Sumbawa

Ada beberapa alternatif untuk menikmati sejumlah destinasi wisata di Sumbawa. Wisatawan yang datang dari Lombok biasanya memanfaatkan paket Sail Lombok atau Sail Komodo yang mengunjungi Pulau Moyo dan Pulau Satonda.

Lewat jalur darat dari Mataram, wisatawan bisa naik bus antar kota yang menuju Sumbawa Besar dan Bima. Wisatawan juga bisa naik pesawat terbang dari Bandara Lombok dan Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju Bima dan Sumbawa Besar dengan pesawat bermesin baling-baling atau ATR. (ZA)

Share This Article