Fenomena Aneh Nan Indah di Danau Labuan Cermin | Breaktime
Fenomena Aneh Nan Indah di Danau Labuan Cermin
24.09.2016

Anda pernah mendengar tentang sebuah danau yang memiliki dua rasa dan memiliki kejernihan air seperti kaca? Jika belum pernah, inilah Danau Labuan Cermin yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Untuk menuju danau ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 7 jam dari Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Anda juga bisa menempuh perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Samarinda. Namun, jarak tempuhnya akan lebih jauh, yaitu sekitar 13 jam hingga sampai di Kecamatan Biduk-biduk. Semua itu tidak akan terasa karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan hutan tropis yang rindang dan sangat alami.

Fenomena Aneh Nan Indah di Danau Labuan Cermin | Breaktime
Cantiknya Danau Labuan Cermin di Biduk-Biduk

Danau Labuan Cermin sangat unik karena memiliki air yang sangat jernih seperti kaca. Selain itu juga, danau ini memiliki dua lapisan air, yaitu lapisan air paling atas mempunyai rasa yang tawar dan lapisan air yang bawah terasa asin. Anehnya, dua lapisan ini tidak tercampur, lho B’timers!

Tidak hanya fenomena alam unik yang dimiliki oleh danau ini, Anda juga bisa menikmati teluk sulaiman yang memiliki pemandangan sangat indah. Air lautnya juga sangat jernih.

Danau Labuan Cermin ini ternyata juga dihuni oleh dua jenis makhluk hidup, yaitu ikan yang hidup di air tawar dan ikan yang hidup di air asin. Di bagian bawah danau ini pun juga hidup terumbu karang yang sangat indah seperti di dalam laut.

Fenomena Aneh Nan Indah di Danau Labuan Cermin | Breaktime
Pantai Teluk Sulaiman yang tak kalah cantik dengan Labuan Cermin

Tidak hanya menikmati keajaiban danau Labuan Cermin saja, Anda juga bisa melakukan snorkeling dengan menyewa alatnya di penduduk sekitar yang menyewakan alat snorkeling.

Anda akan sangat betah berlama-lama menikmati keindahan danau Labuan Cermin dan teluk sulaiman yang letaknya sangat berdekatan. Jadi, disarankan Anda untuk menginap di tempat ini agar bisa menikmati indahnya matahari terbenam dan suasana pagi yang masih alami. (vpd) 

Share This Article