Februari Tiket Angkor Wat Naik Hampir 2 X Lipat | Breaktime
Februari Tiket Angkor Wat Naik Hampir 2 X Lipat
06.02.2017

B'timers berencana liburan ke Angkor Wat di Kamboja? Siapkan budget lebih karena mulai bulan Februari harga tiket Angkor Wat naik hampir dua kali lipat.

Angkor Wat merupakan destinasi wisata paling populer di Kamboja. Tahun lalu, lebih dari dua juta wisatawan asing berkunjung ke reruntuhan candi yang dibangun pada era kejayaan Kerajaan Khmer sekitar abad ke-12.

Mulai 1 Februari 2017, tiket masuk harian (one day pass) Angkor Wat untuk wisatawan asing mengalami kenaikan 85 persen, dari harga semula USD 20 menjadi USD 37.

Sementara itu untuk tiket terusan selama tiga hari (three day pass) yang awalnya USD 40 naik menjadi USD 60, dan tiket terusan satu minggu (week-long pass) juga naik dari USD 62 menjadi USD 72.

Februari Tiket Angkor Wat Naik Hampir 2 X Lipat | Breaktime
Siluet Angkor Wat saat sunrise, salah satu waktu terbaik berkunjung ke destinasi ini

Kenaikan harga tiket masuk Angkor Wat ini merupakan yang pertama kali dalam 22 tahun terakhir. Oleh pemerintah setempat, kenaikan harga tiket masuk ini diyakini tak berpengaruh besar terhadap jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Angkor Wat.

Direktur Eksekutif Angkor Archaeological Park, Ly Se mengatakan, "Turis akan tetap datang. Bila anda lihat inflasi yang terjadi, tiket terusan untuk satu hari kini harganya hampir 40 dolar. Ada lebih dari 100 candi dan harga 37 dolar masih lebih murah dari tempat lain."

Pendapat berbeda dari tour organizer yang keberatan dan khawatir minat turis akan berkurang pasca kenaikan tiket masuk yang cukup tinggi ini.

Februari Tiket Angkor Wat Naik Hampir 2 X Lipat | Breaktime
Angkor Wat merupakan komplek candi raksasa peninggalan Kerajaan Khmer

"Kami melihat ini cukup aneh dengan keputusan pemerintah menaikkan harga tiket yang cukup tinggi dalam satu periode. Sebagai tour operator, kami ingin transparansi dan kerjasama sebelum membuat keputusan," kata Sareth Duch dari Angkor Destination, salah satu agen tour di Siem Reap.

Sebagai destinasi paling populer di Kamboja, Angkor Wat menjadi magnet bagi 70 persen wisatawan asing yang berkunjung ke negeri ini. Efek dari kenaikan harga tiket ini akan dimonitor oleh pihak terkait.

Bagaimana pendapat wisatawan asing?  Tentu saja kenaikan harga tiket hampir dua kali lipat ini dirasa sangat memberatkan, seperti yang mereka katakan kepada Channel News Asia.

Februari Tiket Angkor Wat Naik Hampir 2 X Lipat | Breaktime
Kenaikan tiket masuk Angkor Wat dikhawatirkan mengurangi jumlah wisatawan

"Ini (Angkor Wat) adalah tempat yang luar biasa. Tiket 20 dolar sehari tidak apa-apa, tapi 37 dolar itu sangat, sangat mahal. Saya sudah pernah ke Paris dan Menara Eifel jauh lebih murah," kata Joao Rafael dari Brasil.

"Sampai ke sini saja sudah sangat mahal. Untuk harga itu (37 dolar), saya akan melihat tempat lain di Kamboja, bukan Angkor Wat. Apa yang akan membuat pengalaman berbeda untuk turis datang ke sini? Saya kira sama. Masih ada tempat lain yang lebih murah, seperti Bagan di Myanmar," kata turis asal Belgia, Jean-Matthieu Schmerber.

Bagaimana dengan B'timers? Apakah masih tetap akan berkunjung ke Angkor Wat dengan harga tiket yang mengalami kenaikan cukup tinggi? (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE