Fakta Unik dan Menarik Seputar Sydney | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Sydney
16.02.2016

Sydney di Australia ibarat Jakarta-nya Indonesia, Sydney merupakan salah satu kota tersibuk di dunia. Sydney mengagumkan karena banyaknya bangunan tua bersejarah dan wisata pantainya yang tidak kalah indah. Akses yang mudah ke mana saja, dan merupakan kota dengan banyak penduduk yang datang dari seluruh dunia.

Setiap tahunnya Sidney dikunjungi oleh lebih dari 10 juta wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri untuk objek wisata pantai dan pertunjukan atraksinya. Sydney sebagai kota yang memiliki sejarah Eropa yang kaya, cuaca yang bagus dan bersahabat, kehidupan ekonomi yang berjalan baik, dan gaya hidup yang beragam membuatnya menjadi salah satu kota tujuan wisata bagi banyak wisatawan.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Sydney | Breaktime
Pemandangan indah Sydney dari salah satu sudut kota

Namun, tidak hanya sekedar pantai, terdapat Opera House dan Harbour Bridge yang terkenal di Sydney. Masih ada fakta unik dan menarik tentang Sydney yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang harus B’timers kunjungi. Apa saja?

  • Sydney punya jembatan terindah di dunia, The Sydney Harbour Bridge. Jembatan baja lengkung dengan bentang terluas, terpanjang, dan tertinggi di dunia.
  • Australia adalah negara yang punya cost living yang tinggi di dunia, terutama di kota Sydney sangat mahal jika dibandingkan dengan kota-kota di Australia pada umumnya.
  • Karena Sydney merupakan kota dengan living cost yang tinggi, Sydney juga menjadi kota paling mahal ke-12 di dunia dengan harga properti rata-rata USD 8,717 per meter persegi atau Rp 90.000.000 per meternya.
  • Karena Sydney adalah kota besar di Australia, Sydney Tower merupakan bangunan tertinggi kedua di seluruh Australia pada 1001 kaki di atas CBD Sydney.
  • Ketika berkunjung ke Sydney, akan Anda temui banyak orang Asia dan juga ras dari negara lain yang berada di sini, maka tidak heran kalau bahasa Inggris, Bahasa Arab, Kanton, Mandarin, Yunani dan Vietnam adalah bahasa utama yang digunakan di Sydney.
  • Walaupun Sydney merupakan kota tersibuk di Australia, rata rata mall dan toko disini tutup jam 5 sore atau maksimal jam 7 malam.
  • Dibalik megahnya Sydney opera house, ternyata pembuatan gedung ini sangat fantastis. Biaya pembangunan Sydney Opera House menghabiskan 102 juta AUD atau setara 1 triliun lebih.
Fakta Unik dan Menarik Seputar Sydney | Breaktime
Kangguru yang merupakan hewan khas Australia
  • Sydney juga punya pantai yang merupakan salah satu pantai terbaik di dunia. Pantai tersebut adalah Bondi Beach. Tebing pantai Bondi menyajikan pemandangan pantai, taman, tebing, teluk dan kolam batu sepanjang 6 kilometer dan memakan waktu sekitar 2 jam untuk menjelajahinya.
  • Ternyata kota Sydney menjadi tempat favorit dan bermain bagi bintang Hollywood, termasuk Paris Hilton, Jessica Simpson, Justin Timberlake, Sylvester Stallone, Christina Aguilera dan Jennifer Lopez.
  • Banyak bangunan tua di Sydney, cost labor yang mahal membuat kita agak kesusahan mencari toilet. Di sebagian besar kota-kota di Australia dan terutama Sydney kita agak susah mencari toilet, tidak seperti di Indonesia di setiap lantai mall atau gedung perkantoran pasti ada toilet. Di sini cukup susah karena mungkin biaya pemeliharaan yang mahal.
  • Sydney merupakan kota yang padat, sehingga mencari parkir sangat sangat susah di sini. Jika Anda pergi traveling ke Sydney dengan mengendarai mobil, sebaiknya urungkan niat tersebut. Karena di sini tarif parkirnya merupakan termahal di dunia, untuk per jamnya bisa mencapai lebih dari 7 AUD. Yang paling murah adalah saat di jam yang tidak sibuk, namun ketika di jam sibuk bisa mencapai 15 AUD per jam dan maksimal hanya 2 jam.
  • Sangat sulit mencari lokasi parkir di Kota Sydney, oleh karena itu sistem transportasi bis menjadi pilihan utama buat para travelers dan masyarakat kota Sydney.
  • Sydney gudangnya spot arsitektur menarik, bagi pencinta fotografi, Sydney menjadi destinasi yang harusnya tidak boleh dilewatkan.

Sydney merupakan kota yang sangat menarik, disini kita bisa melihat banyak budaya dari seluruh dunia. Selain itu arsitektur dan lokasi wisata yang banyak bisa kita jumpai disini, menjadikan Sydney destinasi yang wajib B’timers kunjungi. (BK)

Share This Article