Explore Kaliurang Yang Jadi Saingan Gunung Kidul | Breaktime
Explore Kaliurang Yang Jadi Saingan Gunung Kidul
01.02.2017

Kalau Anda pergi ke Yogyakarta, tempat mana saja yang akan B’timers kunjungi? Pasti hal pertama yang akan Anda kunjungi adalah pusat kota Jogja yang terkenal dengan Keraton, Malioboro, dan benteng Vredeburg. Selain itu, Anda pasti juga akan mengunjungi candi Prambanan dan candi Borobudur yang memang sudah tersohor namanya. Dan yang sedang hits saat ini adalah wisata di kawasan Gunung Kidul. Di kawasan ini, banyak sekali wisata bukit dan hutan yang bisa dibuat ngadem, B’timers.

Selain itu, di sana juga ada berbagai macam pantai yang bisa Anda kunjungi dan terdapat berbagai spot foto yang Instagramable. Eits, jangan sedih, Jogja tak hanya punya wisata di pusat kota dan di kawasan Gunung Kidul saja. Saat Anda berada di Jogja, sempatkan beberapa hari untuk pergi ke kawasan lereng Gunung Merapi.

Explore Kaliurang Yang Jadi Saingan Gunung Kidul | Breaktime
Tlogo Putri, Kaliurang, Yogyakarta. (Photo by wisataku.id)

Di sana juga banyak potensi wisata yang oke banget, lho. Tepat berada di daerah Kaliurang terdapat Taman Rekreasi Kaliurang dengan luas 10.000 meter persegi. Seperti layaknya taman rekreasi, di sana juga terdapat tanaman-tanaman yang rindang, tempat duduk, mainan anak, kolam renang, dan banyak lagi. Kalau yang ini sih, memang pas banget untuk wisata keluarga.

Kalau di Taman Rekreasi Kaliurang sudah ramai, B’timers bisa beranjak ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Di taman wisata ini juga terdapat sebuah kolam renang dengan ukuran besar. Istimewanya adalah kolam renang tersebut berisi mata air dari Bukit Lerang Plawangan. Seru banget buat melepas penat bersama dengan keluarga.

B’timers juga bisa menikmati wisata sejarah, lho di Kaliurang. Yup, Museum Vulkanik Merapi yang terletak di Jl. Boyong Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Di sana Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang Gunung Merapi, mulai dari kapan saja letusan Merapi terjadi, asal mula terjadinya letusan, bahkan mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi.

Explore Kaliurang Yang Jadi Saingan Gunung Kidul | Breaktime
Museum Vulkanik Merapi. (Photo by yogyatrip.com)

Wisata keluarga sudah, wisata sejarah sudah, apalagi yang belum? Karena berada di kaki Gunung Merapi, tentu saja Kaliurang punya wisata alam yang tak kalah keren. Ada Tlogo Putri yang namanya begitu tersohor di kalangan para wisatawan. Apa yang membuat Tlogo Putri begitu menjadi primadona?

Ini karena wisata ini memiliki alam yang tenang, sejuk, dan menyegarkan. Di sana juga ada tempat untuk anak-anak bermain kano atau becak air. Bisa juga bermain flying fox dan foto-foto dengan spot yang oke. Tiket masuknya murah banget, lho B’timers. Untuk setiap orang ditarik biaya sekitar Rp 15 ribu.

Bisa juga menikmati pemandangan Gunung Merapi yang gagah dan alam yang asri di sekitarnya. Tetapi bukan di Tlogo Putri, lebih tepatnya Anda bisa melihat hal tersebut di Gardu Pandang. Ini adalah tempat pengawasan Gunung Merapi yang jadi favorit juga. Memang, bangunannya tidak sebesar Ketep Pass di Magelang.

Explore Kaliurang Yang Jadi Saingan Gunung Kidul | Breaktime
Wisata Goa Jepang di Kaliurang. (Photo by Google)

Yang terakhir Anda bisa mengunjungi Goa Jepang. Goa ini merupakan situs peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu digunakan sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu dan menjadi tempat tinggal sementara para tentara Jepang.

Uniknya, goa ini memiliki 25 pintu goa yang saling terhubung dengan lainnya. Kondisinya pun masih original seperti pada jaman dulu. Anda butuh waktu 45 menit untuk trekking menuju Goa Jepang. Di sana Anda juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Merapi dari dekat.

Tunggu apalagi, B’timers, Anda bisa mampir dan buat itinerary untuk pergi menjelajah Kaliurang yang tak kalah cantik dengan Gunung Kidul. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE