El Nido: Surga Tropis Di Selatan Filipina | Breaktime
El Nido: Surga Tropis Di Selatan Filipina
02.04.2017

Sebagai negara kepulauan seperti Indonesia, Filipina memiliki banyak destinasi pantai, pulau, dan bawah laut yang tak kalah indahnya dengan Nusantara. Salah satu destinasi paling populer di Filipina adalah El Nido.

El Nido merupakan kota kecil di tepi laut yang berada di Pulau Palawan, bagian barat daya Filipina dan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. El Nido dikenal memiliki keindahan alam yang sepintas mengingatkan kita pada Raja Ampat.

Traveler yang mengunjungi El Nido bisa memilih empat tour, masing-masing Tour A, Tour B, Tour C, dan Tour D. Setiap tour yang berlangsung selama satu hari atau one day trip ini memiliki ciri khas dan keunikan sendiri.

El Nido: Surga Tropis Di Selatan Filipina | Breaktime
Big Lagoon, salah satu spot terbaik untuk bermain kayak di perairan El Nido

Tour A

Destinasi: Big Lagoon, Secret Lagoon, Small Lagoon, Simizu Island, 7 Commandos Beach. Harga tour 1200 Peso (sekitar Rp 330.000).

Paket tour ini paling ramai dan paling banyak dipilih wisatawan. Big Lagoon dengan air jernih dan batuan karang yang menjadi simbol El Nido menjadi tempat yang sempurna untuk bermain kayak. Siapkan 300 Peso untuk sewa kayak selama 45 menit. Setelah puas snorkeling di Simizu Island, wisatawan akan disajikan makan siang dan berlanjut ke Small Lagoon. 7 Comandos Beach menjadi spot terakhir sekaligus tempat yang tepat untuk rileks setelah hampir seharian menikmati keindahan El Nido.

El Nido: Surga Tropis Di Selatan Filipina | Breaktime
Keindahan tebing dan laut di pantai Matinloc Shrine

Tour B

Destinasi: Pangalusian Island, Pinagbuyutan Island, Snake Island, Cadugnon Point, Pinasil Island dan Cathedral Cave. Harga tour 1200 Peso (sekitar Rp 330.000).

Sedikit berbeda dengan Paket A yang lebih banyak aktivitas bermain kano dan snorkeling, di paket Tour B ini traveler akan terpuasakan dengan pemandangan landscape dan pantai di Pangalusian, Pinagbuyutan, Snake Island, termasuk jelajah goa Cadugnon Point dan Cathedral Cave. Pakailah sepatu snorkeling atau pelindung kaki karena batuan karang yang cukup tajam saat aktivitas caving (bisa sewa dengan harga 100 Peso).

El Nido: Surga Tropis Di Selatan Filipina | Breaktime
Shimizu Island, pulau kecil dengan spot snorkeling terbaik di El Nido

Tour C

Destinasi: Helicopter Island, Secret Beach, Tapuitan Island, Matinloc Shrine, Hidden Beach. Harga tour 1400 Peso (sekitar Rp 385.000).

Tujuan pertama tour ini biasanya mengamil spot di Helicopter Island. Sesuai namanya, pulau tak berpenghuni ini memiliki bentuk seperti helikopter -tanpa baling-baling tentunya, dan terkenal sebagai spot snorkeling. Dari Helicopter Island, tour akan menuju Secret Beach. Untuk menuju pantai ini, traveler harus berenang lewat lubang kecil dengan lebar sekitar dua meter pada batu karang raksasa. Untuk makan siang, biasanya traveler akan dibawa ke Tapuitan Island sebelum menikmati landscape El Nido dari ketinggian di Matinloc Shrine. Hidden Beach menjadi tujuan terakhir dengan pantai yang bersih, dangkal, dan sepi.

El Nido: Surga Tropis Di Selatan Filipina | Breaktime
Secret Beach menjadi penutup yang sempurna setelah seharian berkeliling El Nido

Tour D

Destinasi: Cadlao Island, Pasandigan Beach, Nat Nat Beach, Bucal Beach, Paradise Beach. Harga tour 1300 Peso (sekitar Rp 357.000)
 
Untuk yang suka aktivitas pantai, Tour D adalah pilihan tepat karena semua destinasinya adalah pantai berpasir putih yang bersih dan relatif sepi di El Nido. Salah satu spot paling menarik di paket ini adalah Cadlao Island, dimana traveler bisa menikmati keindahan laguna dan berenang dengan kura-kura di dalamnya.
 
Semua paket tour di El Nido sudah termasuk life jacket, alat snorkeling, guide berbahasa Inggris, makan siang, asuransi, dan biaya konservasi. Pada tiap akhir tour, B'timers akan diberi tanda pembayaran konservasi resmi dari pemerintah Filipina yang berlaku selama 10 hari. Jadi tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan kamu ke El Nido, surga tropis tersembunyi di selatan Filipina.

Anda bisa memilih paket wisata yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi pada dasarnya, semua destinasi yang ada di El Nido sangat eksotis dan membuat Anda ingin terus kembali ke sana. (zul)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE