Eksotisnya Hutan Mangrove Baluran | Breaktime
Eksotisnya Hutan Mangrove Baluran
21.03.2015

Sebagai negara kepulauan yang terletak di area tropis, hutan mangrove merupakan salah satu kekayaan Indonesia dan tersebar di hampir seluruh pantai Nusantara. Selain sebagai area konservasi dan habitat berbagai flora dan fauna di sekitar pantai, hutan Mangrove juga berpotensi sebagai kawasan wisata, seperti yang ada di Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dapat dijangkau dengan perjalanan darat kurang lebih enam jam dari ibu kota propinsi, Surabaya.

Eksotisnya Hutan Mangrove Baluran

Baluran memang lebih dikenal dengan padang savana dan hewan-hewan di alam liar seperti rusa, kerbau jawa, banteng, dan berbagai jenis burung yang membuat taman nasional ini dijuluki sebagai "Afriva Van Java". Namun Baluran yang berbatasan dengan laut di sisi utara dan timur juga memiliki area hutan pantai dengan vegetasi hutan mangrove menutup hampir sebagian besar wilayah ini.

Hutan mangrove di Baluran juga menjadi "rumah" bagi berbagai jenis satwa seperti monyet, biawak, dan berbagai jenis burung. B’timers bisa mencapai "Mangrove Trail" yang terdapat di Pantai Bama sekitar 5 kilometer dari Savana Bekol.

Eksotisnya Hutan Mangrove Baluran

Terdapat tracking area dan jembatan yang terbuat dari kayu di sepanjang Mangrove Trail pantai Bama. Beberapa permainan ketangkasan untuk keperluan outbond atau team building juga tersedia di sekitar area mangrove Pantai Bama, sehingga lokasi ini juga kerap dijadikan sebagai tempat outbond dan gathering.

Bila ingin bermalam, terdapat beberapa cottage atau penginapan di sekitar Pantai Bama. Satu cottage rata-rata bisa menampung empat hingga enam orang dengan biaya sewa mulai dari Rp 350 ribu per malam. Cottage-cottage ini langsung menghadap ke laut dan menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise dari ujung timur Pulau Jawa.

Share This Article