Edisi Puasa Kunjungi Wisata Religi Islam Bandung | Breaktime
Edisi Puasa, Kunjungi Wisata Religi Islam Bandung
03.06.2017

Di Bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini, tak ada salahnya lho Anda menyambangi rangkaian wisata religi guna memantapkan iman di dalam hati. Daripada hanya bengong atau sibuk molor di tempat tidur seraya menunggu waktu berbuka puasa, alangkah baiknya B’timers sempatkan waktu ngabuburit ke tempat-tempat wisata religi Islam yang banyak tersedia di seantero nusantara.

Salah satunya, terdapat banyak spot wisata religi Islam eksklusif yang dapat dikunjungi di kawasan Kota kembang Bandung. Bila selama ini Bandung lebih tersohor karena wisata alam ataupun wisata kulinernya, kini sudah saatnya Bandung unjuk gigi akan daftar wisata religi Islamnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Abaikan Hal-Hal Ini Saat Wisata Religi

Pasalnya, Bandung ternyata menyimpan segenap lokasi wisata rohani yang kemungkinan belum banyak diketahui oleh khalayak luas. Apa saja sih? Berikut Breaktime akan mengupas jajaran spot wisata religi Islam yang dijamin akan menyejukkan hati.

Kalau melancong ke Bandung, maka belum lengkap bila belum menyambangi bangunan Masjid Raya Bandung. Bukan cuma dijadikan pusat peribadatan umat muslim Kota Bandung sejak tahun 1812, masjid yang terletak di Jalan Asia Afrika ini juga menyuguhkan keindahan menara kembar yang dapat dimasuki oleh para pengunjung.Dengan memasuki menara tersebut, Anda dapat melemparkan pandangan pada atmosfir pemandanganKota Bandung yang diapit oleh beberapa gunung seperti Gunung Manglayang, Gunung Tangkuban, Gunung Burangrang, Gunung Malabar dan Gunung Patuha. 

Edisi Puasa Kunjungi Wisata Religi Islam Bandung | Breaktime
siapa sih yang tak betah beribadah disini?

Masjid Bandung lainnya yang mutlak hukumnya untuk didatangi adalah Masjid Al-Furqan UPI Bandung. Masjid ini memang terletak di area Universitas Pendidikan Indonesia sehingga dapat menampung hingga kurang lebih 1000 jamaah. Bangunannya pun tergolong menampilkan nuansa masjid modern dengan rangkaian pilar-pilar yang kokoh menjulang di bagian luar. Tak tanggung-tanggung, masjid ini sampai punya empat lantai guna memenuhi kebutuhan ibadah para umat Islam di sekitar kawasan UPI.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wisata Religi di Larantuka Flores Timur

Setelah masjid, terdapatKampung Mahmud Kabupaten Bandungyang terletak di Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Marga Asih. Kampung ini bukan sembarang kampung lho B’timers sebab Ia adalah tempat tinggal dari Eyang Dalem Abdul Manaf. Siapakah beliau? Usut punya usut, Ia merupakan keturunan ketujuh Sunan Gunung Jati yang juga berjasa dalam menyebarkan agama Islam di kawasan Bandung. Di tempat ini, umumnya tujuan para pengunjung ialah untuk melakukan ziarah ke makam Eyang Dalem Abdul Manaf.

Edisi Puasa Kunjungi Wisata Religi Islam Bandung | Breaktime
yayasan yang juga pesantren milik AA’ Gym

Sedangkan Yayasan Daarut Tauhiid Bandung adalah destinasi wisata rohani Islam yang juga tak boleh ketinggalan masuk ke dalam daftar. Yayasan ini sendiri merupakan yayasan yang dibuka pada tahun 1987 oleh Kyai Abdullah Gymnastiar atau yang lebih sering dikenal dengan Aa’ Gym.

Pada pesantren yang beralamat di Jalan Geger Kalong Girang no. 38 ini selalu diadakan aktivitas pengajian rutin serta ceramah agama yang Insya Allah mampu meningkatkan level ketakwaan Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat menimba banyak ilmu yang berkaitan dengan seluk-beluk agama Islam di pesantren ini. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pura Batu Bolong, Wisata Religi Lombok Kaya Pesona

Bila B’timers masih haus dalam memperdalam aqidah ilmu agama Islam, makaPusat Dakwah Islam Bandungbisa dijadikan tujuan akhir wisata religi Anda. Spot yang juga disebut dengan sebutan PUSDAI ini dibangun selama tujuh tahun lamanya dari tahun 1991 hingga 1998.

Luas arealnya pun mencapai angka 4,5 hektar dan terdiri atas aneka fasilitas keagamaan seperti masjid hingga gedung serbaguna dengan kapasitas sebanyak 2000 orang. Dari segi arsitektur, PUSDAI juga menawarkan bentuk bangunan yang khas lewat model kubah atap kayu simpang bertingkat. Lokasi PUSDAI ini pun sangat strategis karena terletak di kawasan Jalan Diponegoro 63 Bandung. (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE