Ecotourism? Tempat ini Bisa Jadi Pilihan Anda! | Breaktime
Ecotourism? Tempat ini Bisa Jadi Pilihan Anda!
17.03.2016

Liburan bisa menjadi ajang untuk melepas kepenatan setelah sibuk bekerja, ya, B’timers? Namun yang mengejutkan, ternyata berdasarkan penelitian, dunia pariwisata merupakan sumber polusi yang cukup besar. Sebanyak 40 persen datang dari perjalanan udara, 32 persen dari mobil dan 21 persen dari akomodasi.

Untungnya, para wisatawan menjadi lebih sadar lingkungan. Hal itu dibuktikan dalam beberapa tahun terakhir, tren eko wisata semakin berkembang. Adanya ide ini untuk mempertahankan lingkungan tanpa harus menghapuskan pariwisata. Dan berikut tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi untuk liburan go green tahun ini, B’timers.

  • Do Denali Backcountry Yoga

Denali Backcountry Logde terletak jauh dari pusat Denali National Park and Preserve di Alaska. Dan karenaTaman Nasional ini berada di puncak tertinggi Amerika Utara, daerah ini tidak terbuka untuk kendaraan pribadi. Jadi, Anda harus menaiki bus dari Denali Cabin untuk sampai ke sana, B’timers. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah yoga di padang gurun.

  • Menyelam di The East Africa Whale Shark Trust

The East Africa Whale Shark Trust adalah organisasi ilmiah di Kenya yang memiliki tujuan untuk melestarikan populasi hiu paus. Selama bulan Februari hingga April mereka memberi kesempatan pada turis untuk melihat proses dokumentasi. Dengan begitu diharapkan akan meningkatkan kesadaran dunia akan keberadaan mamalia raksasa ini.

Ecotourism? Tempat ini Bisa Jadi Pilihan Anda! | Breaktime
Terjun langsung untuk merekam kehidupan satwa liar
  • Shop Farmer’s Markets on Hawaii’s Big Island

Ini adalah cara yang bagus dalam berkontribusi langsung terhadap keberlanjutan pertanian lokal di Hawaii. Ada sejumlah pasar petani di mana Anda dapat membeli produk lokal yang eksotis. Belum hidup rasanya jika Anda belum mencoba papaya segar dari tanah mereka. Anda juga dapat menemukan karya seni dan barang kerajinan tangan terbaik di pasar.

  • Volunteer in Kerala, India

Kerala merupakan negara bagian di India yang sangat luar biasa. Hutan lebat serta pantai tropis yang bersih. Dan tidak salah jika Anda sebagai turis juga memutuskan untuk menjadi sukarelawan di sini, B’timers. Anda bisa membantu pelatih olahraga di panti asuhan yang ada. Atau mungkin Anda bisa ikut ke Mozambik, di mana Anda dapat membantu upaya konservasi laut.

Ecotourism? Tempat ini Bisa Jadi Pilihan Anda! | Breaktime
Liburan sekaligus menjadi relawan? Why not!
  • Hike the Fjords

Fjords di Norwegia adalah lembah dengan saluran air unik yang terbentuk alami oleh gletser jutaan tahun lalu. Dan Norwegia telah membuat peraturan ketat untuk mempertahankan lingkungan di sini, B’timers. Hiking atau sekedar bersepeda di sekitar pegunungan Fjords adalah cara yang sangat ramah sebagai dukungan untuk menjaga kelestarian alami di Norwegia ini.

Namun sebenarnya, tidak peduli ke mana tujuan liburan Anda tahun ini, pasti ada cara untuk ikut menjaga lingkungan, kok, B’timers. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Serta usahakan untuk memilih menggunakan transportasi umum saat mengunjungi tempat wisata. (NO)

Share This Article