Derawan dan Empat Lokasi Terbaik Untuk Diving Dengan Penyu
Derawan dan Empat Lokasi Terbaik Untuk Diving Dengan Penyu
19.01.2016

Bagi penggemar wisata bawah laut seperti diving dan snorkeling, bisa bercengkerama dengan penyu atau spesies laut lain di habitat aslinya merupakan sebuah pengalaman berharga. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki beberapa destinasi underwater yang identik dengan penyu, seperti Karimun Jawa, Derawan, Nusa Lembongan, Lombok, hingga Flores.

Nah, berikut beberapa destinasi yang direkomendasikan oleh PADI bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berenang dengan penyu di habitat aslinya.

Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat

Kepulauan Hawaii memiliki sejumlah pulau terpencil yang merupakan "surga" bagi penyu alias Honus. Destinasi ini terkenal bagi penyelam dari penjuru dunia untuk menyapa "Aloha" pada berbagai jenis penyu laut di kawasan Pasifik.

Barbados

Terkenal sebagai habitat sejumlah hewan endemik, Barbados merupakan rumah bagi jenis penyu sisik dan penyu belimbing di perairan Karibia. Dua jenis penyu ini juga dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah dan kini terus dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat.

 

Indonesia merupakan salah satu habitat penyu laut terbesar di dunia
Indonesia merupakan salah satu habitat penyu laut terbesar di dunia

Great Barrier Reef, Australia

Dikenal sebagai salah satu ekosistem terumbu karang terbesar di dunia, The Great Barrier Reef di Australia juga menjadi tempat berkembang biak bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia.

Sipadan, Malaysia

Pulau yang berlokasi tak jauh dari Kalimantan ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi selam terbaik dunia dan lokasi yang sempurna untuk berenang dengan kura-kura. Penyelam bahkan bisa melihat 20 hingga 30 ekor penyu dalam sekali menyelam.

Kepulauan Derawan, Indonesia

Empat pulau yang terkenal di Kepulauan Derawan yakni Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban merupakan habitat satwa langka penyu hijau dan penyu sisik. Dari tahun ke tahun populasi penyu hijau terus mengalami penurunan dan kini tengah digiatkan upaya konservasi penyu di Kepulauan Derawan.

Nah, itulah sederet tempat wisata bawah laut dengan pemandangan terbaik yang bisa B’timers kunjungi untuk menyelam. Tidakkah Anda tergoda untuk segera meluncur dan mencebur ke sana? (ZA)

Share This Article