Derawan & Komodo, Destinasi Diving Asia Tenggara | Breaktime
Derawan & Komodo, Destinasi Diving Asia Tenggara
22.05.2017

Asia Tenggara yang wilayahnya sebagian besar terletak di antara dua benua dan samudera menjadi "rumah" bagi ekosistem bawah laut sebagai destinasi wisata.

Negara dengan banyak pulau seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Thailand dikenal memiliki destinasi bawah laut yang menjadi incaran pecinta selam dari penjuru dunia.

Dari ratusan titik selam di Asia Tenggara, channel wisata Go Asean dari Malaysia memilih lima lokasi terbaik, dimana dua di antaranya berada di wilayah Indonesia.

1. Kepulauan Derawan, Indonesia

Meskipun lokasinya cukup jauh dan memerlukan perjalanan dengan waktu cukup panjang, namun Kepulauan Derawan masih menjadi salah satu destinasi selama favorit wisatawan mancanegara di Indonesia. Perpaduan terumbu karang yang menjadi habitat biota laut menjadi daya tarik utama Derawan.

Derawan & Komodo, Destinasi Diving Asia Tenggara | Breaktime
Spesies penyu bisa ditemui saat snorkeling dan diving di Derawan

2. Kepulauan Mergui, Myanmar

Tak hanya kuil-kuil kuno, Myanmar ternyata juga punya destinasi bawah laut yang menawan. Kepulauan Mergui terdiri dari 800 lebih pulau-pulau kecil yang menjadi tujuan wisatawan asing untuk menikmati keindahan bawah laut Myanmar.

3. Kepulauan Komodo, Indonesia

Taman Nasional Komodo tak hanya menawarkan keindahan pantai dan keunikan reptil purba Komodo, di area ini wisatawan penggemar bawah laut bisa menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis biota laut. Dua lokasi yang menjadi favorit wisatawan adalah Pink Beach dan Manta Point.

Derawan & Komodo, Destinasi Diving Asia Tenggara | Breaktime
Salah satu spot diving populer di Komodo adalah Manta Point

4. Tubbataha Reef National Park, Palawan, Filipina

Terletak di Laut Sulu, kawasan selatan Filipina, Tubbataha Reef National Park sudah diakui dunia sebagai salah satu destinasi bawah laut terbaik. Lokasi yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini terkenal dengan biota laut berupa 13 spesies lumba-lumba, 11 spesies hiu, dan ribuan spesies ikan dan terumbu karang.

5. Similan Islands, Thailand

Berada di tepi Laut Andaman, keindahan pantai dan bawah laut Kepulauan Similan menjadikannya sering masuk dalam daftar destinasi tropis terbaik dunia. Air laut yang biru, jernih, dengan visibility yang sangat tinggi menjadikan lokasi ini sebagai favorit penikmat bawah laut dari penjuru dunia.

Terlepas dari beberapa negeri tetangga, terbukti bahwa negeri ini memang tak kalah fantastis kalau urusan alam bawah lautnya. Bahkan banyak wisata laut Indonesia menjadi yang terbaik di seluruh dunia. So, mulai sekarang rasanya nggak perlu gengsi kalau kita nggak pergi ke luar negeri. Jelajah negeri sendiri juga sama saja, kan?



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE