Dari Pasola Sampai Lembata, Ini Wisata NTT 2017 | Breaktime
Dari Pasola Sampai Lembata, Ini Wisata NTT 2017
27.01.2017

Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal sebagai provinsi dengan destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Sejumlah festival budaya dan upacara adat juga rutin digelar di provinsi ini.

Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Bajawa, Ende, Larantuka, Alor, hingga Kupang dan Pulau Sumba adalah sejumlah destinasi wisata NTT yang cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bagi B'timers yang berencana traveling ke beberapa destinasi di atas, tak ada salahnya memperhatikan kalender wisata NTT berikut ini.

Januari

Liburan ke Flores di pertengahan Januari? Cobalah mampir ke Kampung Bena di Kabupaten Ngada, Flores. B'timers akan berkesempatan untuk menghadiri Pesta Rea, sebuah upacara adat untuk menghormati arwah leluhur.

Februari

Salah satu festival paling terkenal bakal digelar pada bulan Februari di Pulau Sumba, yaitu Pasola. Festival ini terkenal sebagai ajang melempar lembing dari atas kuda yang dipacu antar dua kelompok. Pada tahun ini, B'timers bisa menyaksikan Pasola di Lamboya (2 Februari), Kodi (26-27 Februari), dan Wanokaka (29 Februari).

Dari Pasola Sampai Lembata, Ini Wisata NTT 2017 | Breaktime
Pulau Sumba identik dengan kuda yang menjadi atraksi utama Festival Pasola

Maret

Larantuka dikenal sebagai destinasi Pekan Suci Paskah yang berlangsung meriah dan khidmat. Acara ini dimulai pada 25 Maret dengan prosesi Jumat Agung dan Kamis Putih. Selain di Larantuka, B'timers juga bisa berkunjung ke Alor tempat diselenggarakannya Ritual Bole Bundo. Tak jauh dari Kupang, berlangsung prosesi Kure dimana tiap rumah akan melaksanakan doa bersama dan meletakkan hasil pertanian seperti buah-buahan, tebu, jagung, minuman, dan lainnya.

April

Pada bulan April datanglah ke Lembata, destinasi ini akan sangat meriah dengan berlangsungnya Festival Lembata, yaitu perburuan ikan paus secara tradisional di Lamalera. Festival ini biasanya berlangsung pada akhir April hingga awal Mei.

Mei

Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kembali digelar Tour de Flores. Ribuan peserta dari berbagai negara dijadwalkan turut berpartisipasi pada event yang dimulai tanggal 16 sampai 23 Mei dan mengamil start di Larantuka serta finish di Labuan Bajo.

Dari Pasola Sampai Lembata, Ini Wisata NTT 2017 | Breaktime
Kearifan budaya lokal menjadi daya tarik wisata Alor

Juni

Pada pertengahan bulan akan digelar upacara adat tolak bala Ala Baloel di Kabupaten Alor. Wilayah ini terkenal dengan berbagai destinasi budaya seperti Desa Adat Takpala, Mombang, dan wisata alam berupa Taman Wisata Laut Alor yang merupakan destinasi favorit penggemar selam (diving).

Juli

Pada bulan ini akan digelar pameran kebudayaan dan pariwisata East Nusa Tenggara Expo pada 19-22 Juli di ibukota NTT, Kupang. Event lain yang akan digelar di bulan Juli adalah Festival Teluk Maumere (18-24 Juli) dan festival adat Ka Todo di Kabupaten Nagekeo (26-27 Juli).

Agustus

Pernah dengar Festival Caci? Datanglah ke Kabupaten Manggarai yang akan menggelar festival adat dengan atraksi cambuk dari ekor kerbau pada 18-19 Agustus. Apabila B'timers berkunjung ke Ende, akan berlangsung upacara adat Patika pada 14 Agustus di sekitar Danau Kelimutu.

Dari Pasola Sampai Lembata, Ini Wisata NTT 2017 | Breaktime
Kabupaten Manggarai di NTT juga terkenal dengan Desa Budaya Waerebo

September

B'timers penggemar aktivitas memancing? Datanglah ke Kupang pada 23-24 September yang akan digelar festival memancing berskala nasional pada akhir bulan. Perairan di sekitar Kupang terkenal dengan berbagai jenis ikan yang melimpah dan menjadi tempat favorit "mancing mania".

Oktober

Satu lagi event sport tourism digelar di NTT, Tour de Timur Indonesia akan memulai debutnya tahun ini dengan menjelajah Atambua hingga Kupang, 2 hingga 9 Oktober. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan sektor pariwisata NTT, mengikuti kesuksesan Tour de Flores.

November

Di Sumba Barat akan diselenggarakan ritual Wula Podu yang merupakan ritual kepercayaan Marapu, yaitu kepercayaan khas Sumba, untuk menyongsong bulan suci menurut penanggalan setempat.

Desember

Ibukota provinsi NTT, Kupang, memperingati hari jadi pada bulan Desember. Tak heran bakal banyak perayaan meriah digelar di Kupang, termasuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

Sejumlah agenda wisata menarik di atas bisa menjadi acuan bagi B'timers yang akan berlibur ke provinsi Nusa Tenggara Timur. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE