Danau Weekuri di Sumba, Airnya Sebening Kaca | Breaktime
Danau Weekuri di Sumba, Airnya Sebening Kaca
06.06.2015

Jernihnya Air Danau Weekuri Sebening Kaca

Menikmati alam Pulau Sumba yang begitu indah kurang lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Danau Weekuri, sebuah danau air asin yang terbentuk dari lagoon atau aliran air laut di Sumba Barat Daya.
 
Danau Weekuri memang tak sepopuler Danau Toba di Indonesia Barat atau Danau Satonda di Sumbawa, namun keindahan Danau Weekuri seolah menggambarkan keseluruhan keindahan Pulau Sumba yang memang relatif masih belum banyak terjamah ini.
 
Danau Weekuri memiliki keunikan tersendiri, selain airnya yang merupakan payau berwarna kebiruan, di sekeliling Danau Weekuri juga terdapat trekking area dimana kita bisa naik ke atas perbukitan batu karang untuk mendapatkan view pantai dan danau dari atas.

( Baca juga: Puluhan Gili Canti di Lombok )

Danau Weekuri di Sumba, Airnya Sebening Kaca

Biru dan beningnya air di danau ini membuat siapa pun yang datang tak dapat menahan diri untuk berenang di danau. Segar dan jernihnya air di Danau Weekuri membuat kita betah berlama-lama berenang di danau yang tak terlalu dalam dan tak berarus ini.
 
Danau Weekuri memang identik dengan danau air payau yang masih jarang ditemukan di daerah lain di Indonesia. Air payau di Danau Weekuri tercipta melalui air laut yang masuk dari celah-celah tebing dan menyatu dengan air tawar di danau lagoon ini.

Danau Weekuri di Sumba, Airnya Sebening Kaca

Suasana sepi dan alami membuat danau ini makin terasa istimewa. Tidak ada bekas-bekas sampah plastik yang menggunung karena memang belum banyak pengunjung yang ke danau ini. Tidak ada warung, rumah makan, bahkan rumah penduduk. Hanya terdapat hamparan semak belukar dan savana khas alam Sumba yang menambah suasana eksotik danau ini.

Danau Weekuri di Sumba, Airnya Sebening Kaca

Untuk menuju Danau Weekuri, kita tidak akan menemukan papan penunjuk jalan menuju kawasan ini. Satu-satunya jalan adalah dengan mengajak guide lokal atau bertanya kepada penduduk. Jangan khawatir karena orang Sumba sangat ramah dan selalu membalas lambaian tangan atau senyuman kita. Alam dan masyarakat yang masih alami ini merupakan aset besar dari Sumba yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.

How to get there

Danau Weekuri di Sumba, Airnya Sebening Kaca

Danau Weekuri berada di wilayah Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Dari Denpasar, kita bisa mengambil penerbangan menuju Tambolaka di Sumba Barat. Tidak ada transportasi umum menuju Danau Weekuri. Setelah tiba di Tambolaka, kita harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan motor atau mobil sewa. Penginapan terdekat dan mudah dijangkau dari Danau Weekuri juga terdapat di Tambolaka. Datanglah ke danau ini pada pagi hari karena sinar matahari akan bersinar terang hingga menembus dasar danau.

Share This Article