Danau Lut Tawar Takengon, Keindahan Aceh Gayo | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Danau Lut Tawar Takengon, Keindahan Alam Aceh Gayo
11.07.2016

Aceh merupakan salah satu destinasi favorit saya di Pulau Sumatera. Di sini, budayanya pun sangat kaya dan masih terasa kental. Selain itu, banyak tempat wisata alam yang indah di Aceh. Salah satu destinasi yang dari dahulu saya ingin datangi adalah Danau Lut Tawar di Takengon Aceh.

Tempat ini merupakan tempat berlibur sekaligus ikon wisata di Kabupaten Aceh Tengah. Danau seluas lebih dari 5.000 hektar ini berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau Lut Tawar yang berarti Danau Air Laut Tawar ini sangat luas menyerupai lautan, dengan panjang lebih dari 17 kilometer. Namun, kandungan air di danau ini tidak terasa asin.

Danau Lut Tawar Takengon Aceh banyak menghasilkan ikan laut tawar seperti ikan Trout. Jadi tak perlu heran jika sebagian besar wisatawan yang datang justru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan memancing. 

Danau Lut Tawar Takengon, Keindahan Aceh Gayo | Breaktime
Danau yang luas dan sangat cantik mempesona

Terdapat juga empat gua yang mengelilingi danau, menambah eksotisme danau terluas di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini. Untuk berkeliling danau, pengunjung dapat menyewa kapal motor dengan harga terjangkau.

Memiliki Danau Lut Tawar adalah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tengah khususnya penduduk kota Takengon. Airnya yang sangat tenang berwarna kehijauan membuat danau yang membentang luas di tengah-tengah kota Takengon ini terlihat mempesona. Pegunungan megah di sekelilingnya jadi bukti kawasan ini masih sangat alami.

Surganya biji kopi istimewa yang tersohor

Bagi B’timers penggemar kopi, tahukah Anda kalau kopi paling enak di dunia berasal dari Aceh Gayo? Ya, kopi mereka diekspor ke seluruh dunia, dan konon kopi Starbucks banyak memakai Kopi Gayo sebagai kopi andalannya. Wow.

Karenanya, mengunjungi Kabupaten Aceh Tengah rasanya kurang lengkap jika hanya menghabiskan waktu di Danau Lut Tawar Takengon Aceh. Menjelajah perkebunan kopi di Dataran Gayo adalah aktivitas lain yang tak kalah seru.

Danau Lut Tawar Takengon, Keindahan Aceh Gayo | Breaktime
Pemandangan alam indah dan menakjubkan

Kita bisa menikmati hawa sejuk perkebunan kopi yang membentang luas, sambil sesekali memperhatikan para petani memetik biji-biji kopi yang sudah masak. Kopi Gayo sendiri tidak hanya terkenal di Aceh, bahkan kenikmatan kopi khas Tanah Rencong ini sudah terkenal hingga Pulau Jawa.

Disebut Kopi Gayo karena memang asli dipetik dan diproses di Tanah Gayo. Jika ingin melihat-lihat pemandangan perkebunan sambil menikmati hangatnya Kopi Gayo di pagi yang dingin, kita bisa datang di perkebunan kopi daerah Isak Takengon.

Penginapan di Danau Lut Tawar

Meski hotel dan penginapan di sekitar Danau Lut Tawar Takengon Aceh tak terlalu banyak pilihannya, namun beberapa penginapan di sini harganya murah dan kondisinya cukup bersih. Bagi yang membutuhkan penginapan paling dekat dengan danau bisa memilih Hotel Renggali yang terletak tepat di pinggir danau. Di penginapan ini kita bisa melihat pemandangan danau secara langsung karena posisinya tepat menghadap Danau Lut Tawar.

Penginapan Batang Ruang sangat cocok bagi mereka yang suka berpetualang atau backpacker. Penginapan ini terletak di Jalan Mahkamah atau daerah yang sering disebut Gentala. Posisinya tepat di tengah-tengah kota.

Danau Lut Tawar Takengon, Keindahan Aceh Gayo | Breaktime
Perbukitan hijau nan permai

Penginapan ini merupakan tempat menginap paling dekat dengan Gunung Burni Telong, sebuah tempat yang cocok untuk trekking. Ada juga Hotel Triarga yang terletak tak jauh dari Terminal Bus Takengon. Dari penginapan ini kita bisa menuju Danau Lut Tawar Takengon Aceh hanya dengan berjalan kaki.

Danau Lut Tawar Takengon Aceh, Goa Loyang Koro, Perkebunan Kopi Dataran Gayo, adalah bukti nyata kekayaan alam Tanah Aceh yang dioptimalkan menjadi objek wisata terkenal. Tentunya tidak hanya sebatas ini karena sektor pariwisata akan terus berkembang, berjalan seiring dengan pesatnya perkembangan ekonomi di Bumi Nanggroe Aceh Darussalam. (bk)

Share This Article