Danau Kelimutu dan Keunikan Kaldera Tiga Warna | Breaktime
Danau Kelimutu dan Keunikan Kaldera Tiga Warna
24.02.2015

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur menyimpan beragam keunikan alam dan budaya, salah satunya sebuah danau yang terletak sekitar 60 km dari kota Ende, yaitu Danau Kelimutu.
 
Danau Kelimutu berada di puncak Taman Nasional Kelimutu. Danau ini juga dikenal dengan julukan "Danau Tiga Warna" karena warna air pada tiga kaldera di puncaknya memang bisa berubah. Penduduk lokal yakin perubahan warna danau kelimutu dipengaruhi unsur mistis. Namun secara ilmiah perubahan warna danau Kelimutu terjadi karena faktor kandungan mineral, lumut, batu-batuan di dalam kawah, dan pengaruh cahaya matahari. Para ilmuwan yakin danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada jaman purba.
 
Untuk sampai ke puncak Kelimutu, B’timers harus berjalan mengikuti jalur trekking selama kurang lebih 30 menit. Kondisi trek cukup baik dan terdapat anak tangga hingga puncak. Tersedia rest area dan toilet sehingga traveler tak perlu khawatir saat trekking di sini.

 

Danau Kelimutu dan Keunikan Kaldera Tiga Warna

Kawasan hutan di lereng Taman Nasional Kelimutu merupakan habitat berbagai jenis burung yang terancam punah, seperti Punai Flores, burung hantu Wallacea, dan elang Flores. Di area hutan ini juga terdapat beberapa jenis mamalia seperti kijang, luwak, dan kancil.
 
Taman Nasional Kelimutu yang Anda lewati saat trekking ke puncak ini dikelilingi hutan yang ditumbuhi beragam tumbuhan khas Flores, di antaranya tumbuhan paku, Casuarina, Redwood, dan bunga Edelweiss. Tapi sebagian lain dari area Gunung Kelimutu tandus dengan pasir dan tanah bebatuan yang kurang stabil.

 

Danau Kelimutu dan Keunikan Kaldera Tiga Warna

Waktu terbaik untuk trekking ke puncak Kelimutu adalah dini hari sampai jelang sunrise. Beberapa jam setelah matahari terbit  biasanya awan mulai turun sehingga menutupi keindahan warna kawah Kelimutu. Periode berkunjung terbaik adalah pertengahan tahun, antara bulan Juni sampai September.

 

Bagaimana menuju Kelimutu?

Danau Kelimutu dan Keunikan Kaldera Tiga Warna

Anda bisa memilih moda transportasi darat atau udara, semua menuju kota Ende. Tersedia penerbangan setiap hari dari Kupang menuju bandara Ende. Perjalanan kemudian dilanjutkan selama kurang lebih 40 menit menuju Moni, lokasi terakhir sebelum trekking ke puncak Kelimutu.
 
Tersedia angkutan umum dari Ende ke Moni, tapi angkutan ini hanya beroperasi di siang hari. Bila Anda ingin nyaman dan menyesuaikan waktu perjalanan, bisa menyewa mobil dari penginapan di Ende.
 
Beberapa traveler biasanya sudah memesan mobil menuju Moni karena beberapa paket tour memang menawarkan Danau Kelimutu satu paket dengan beberapa destinasi lain di Flores, seperti Desa Adat Bajawa, Waerebo, Riung, dan tentunya Taman Nasional Komodo.

Share This Article