Danau Kandawgyi, Teduh di Tengah Kota Yangon | Breaktime
Danau Kandawgyi, Teduh dan Damai di Tengah Panasnya Kota Yangon
02.11.2015

Di tengah panas dan teriknya cuaca siang hari di ibukota Myanmar, ada tempat yang cukup teduh dan tenang di Yangon, yaitu danau tengah kota di area Kandawgyi.

Kandawgyi Garden, atau lebih sering disebut Danau Kandawgyi, berada di area Kandawgyi Nature Park yang berlokasi di antara Natmauk Road dan Kandawgyi Kanpat Road.Lokasi ini sangat mudah dicapai dari bebagai penjuru Yangon karena dilewati sejumlah bus kota.

Dalam bahasa Myanmar, Kandawgyi bermakna "danau besar", menjadi gambaran bagaimana luasnya area danau (sekitar 250 hektar). Pohon-pohon rindang menghiasi sepanjang tepi danau, dengan bunga warna-warni yang indah, taman anggrek, dan sejumlah area bermain anak-anak. Danau ini juga dilengkapi area Mini Zoo dan sebuah restoran mewah dengan suasana lake view di bagian utara danau.

Danau Kandawgyi, Teduh di Tengah Kota Yangon | Breaktime
Danau Kandawgyi memiliki jembatan kayu yang mengelilingi hamper semua sisi danau

Danau Kandawgyi ramai dikunjungi oleh warga Yangon yang ingin merasakan kesejukan kota. Pada pagi hari, danau ini memantulkan refleksi sinar matahari di air yang jernih. Terdapat jembatan kayu di sepanjang danau dengan area bunga teratai di sekelilingnya.

Saat senja, air danau Kandawgyi memantulkan warna keemasan dari sinar matahari yang perlahan tenggelam. Dari kejauhan juga terlihat stupa emas Pagoda Shwedagon yang terletak sekitar 1 kilometer dari area danau.

Danau Kandawgyi, Teduh di Tengah Kota Yangon | Breaktime
Bangunan berbentuk perahu dan angsa emas di sisi Barat danau

Pada bagian barat danau terdapat sebuah bangunan mirip pagoda yang bernama Karaweik. Bangunan ini menyerupai perahu besar dengan dua patung angsa berwarna emas. Pada zaman dulu, diyakini ada sebuah perahu besar yang digunakan untuk parade kerajaan dan mengangkut patung Buddha.

Danau Kandawgyi, Teduh di Tengah Kota Yangon | Breaktime
Bunga teratai banyak terdapat di area sisi Barat danau Kandawgyi

Area Kandawgyi Garden buka setiap hari dari jam 4 pagi sampai 10 malam, pengunjung bisa masuk area danau dengan gratis, namun pada periode tertentu saat ada event khusus akan dikenakan tiket masuk sebesar 1000 kyat atau sekitar Rp 10 ribu.

Setelah puas bersantai dan menikmati suasana alami di danau Kandawgyi, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Karaweik Palace atau Shwedagon Pagoda.

Share This Article