Daerah yang Akan Dilewati Gerhana Matahari Total | Breaktime
Daerah yang Akan Dilewati Gerhana Matahari Total
16.02.2016

Salah satu agenda wisata yang cukup unik dan langka bakal menyambut B'timers pada 9 Maret 2016 mendatang. Peristiwa tersebut adalah datangnya Gerhana Matahari Total atau GMT.
Di Indonesia, GMT akan melintasi 10 provinsi. Yang spesial, Indonesia merupakan satu-satunya negara dengan daratan yang bisa menyaksikan GMT karena jalur gerhana nantinya akan melewati perairan Samudera Pasifik.
GMT akan berlangsung selama 1 hingga 3 menit pada tanggal 9 Maret 2016. Fenomena ini dapat disaksikan secara utuh di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso, dan Halmahera.
Selain 12 kota dan daerah di atas, beberapa kota lain juga bisa menyaksikan peristiwa ini dalam bentuk Gerhana Matahari Sebagian, diantaranya Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon.

Daerah yang Akan Dilewati Gerhana Matahari Total | Breaktime
Pulau Kepayang di Kepulauan Belitung merupakan wilayah yang akan dilewati GMT

Gerhana Matahari Total terjadi saat piringan bulan menutupi seluruh area piringan matahari. Peristiwa serupa terakhir kali terjadi di Indonesia pada tahun 1983, sementara peristiwa yang sama diprediksi akan terjadi lagi pada tahun 2046.
Karena terjadi dalam kira-kira 33 tahun sekali, momen unik dan langka ini sangat berpotensi menjadi daya tarik wisatawan dan peneliti untuk datang ke Indonesia.

Cara aman mengamati gerhana matahari

Mengamati gerhana matahari tanpa alat bantu atau dengan mata telanjang sangat berbahaya dan dapat merusak mata, bahkan hingga mengakibatkan kebutaan permanen. Karena itu, gunakan kacamata khusus yang dilapisi filter matahari. Demikian pula dengan pengamatan menggunakan teleskop yang membutuhkan filter matahari.

Sepuluh wilayah di Indonesia yang akan dilewati GMT

1. Palembang
2. Bangka dan Belitung
3. Palangkaraya
4. Balikpapan
5. Sampit
6. Luwuk
7. Ternate dan Tidore
8. Palu
9. Poso
10. Halmahera

Apakah B’timers sudah mempersiapkan untuk menyaksikan gerhana matahari pada bulan Maret mendatang? (ZA)

Share This Article