Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo | Breaktime
Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo
20.11.2017

Makin tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo dikhawatirkan mengganggu ekosistem reptil purba tersebut. Komodo merupakan reptil purba yang habitatnya hanya ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dua pulau tersebut masuk dalam area Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo menjadi daya tarik utama wisatawan yang datang ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terutama melalui "pintu masuk" Labuan Bajo. Sebenarnya, Komodo bukanlah satu-satunya daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini. Masih ada beberapa spot lain seperti Pulau Padar dan Gili Laba dengan pemandangan yang indah dari atas bukit, atau Manta Point dan Pink Beach bagi penggemar diving dan snorkeling.

Pada tahun 2015, total ada 71.681 wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo, terdiri dari 34.274 wisatawan mancanegara dan 37.407 wisawatan domestik. Jumlah ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo | Breaktime
Seorang ranger mengawasi wisatawan yang sedang memotret Komodo di Pulau Rinca
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cantiknya Wisata Danau Untuk Keluarga Jawa Barat

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo memicu kekhawatiran bagi sang penghuni asli, yaitu Komodo. Hewan purba ini dikhawatirkan mengalami stres yang berujung pada sifat agresif pada manusia.

Komodo yang berada di taman nasional merupakan hewan purba yang hidup liar di habitat alamnya, sehingga kondisinya sangat sensitif. Bila sang Komodo merasa terganggu dengan keberadaan manusia, akan merugikan binatang itu dan pengunjung sendiri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar

Pengelola Taman Nasional Komodo telah mendapat masukan dari wisatawan internasional, beberapa dari Singapura dan Eropa. Masukan tersebut terkait pola pengaturan kunjungan karena banyaknya pengunjung yang masuk Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo | Breaktime
Wisatawan berfoto dengan seekor komodo di habitat aslinya, Pulau Komodo

Mereka berharap ada evaluasi dan penelitian lebih lanjut tentang pola kunjungan wisatawan di habitat Komodo. Bukan dibatasi, tetapi diatur, misalnya terkait jam kunjungan, waktu jeda, jumlah pengunjung dalam tempo yang sama, dan sebagainya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesoa Tersembunyi Tempat Wisata Di Nusa Dua

Memang, selalu ada kontradiksi antara kepentingan untuk menaikkan jumlah wisatawan dan keberlangsungan ekosistem. Namun hingga saat ini belum ada pembatasan dan kondisi di Taman Nasional Komodo masih sangat kondusif sehingga wisatawan masih bisa berkunjung dengan aman dan nyaman, tentunya dengan ditemani ranger yang selalu siap di pos taman nasional.

Nah, sebelum komodo benar-benar stres dan jumlah pengunjung dibatasi, ada baiknya B'timers segera merencanakan liburan ke Taman Nasional Komodo secepatnya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE