Candi Penataran Saksi Runtuhnya Dua Kerajaan | Breaktime
Candi Penataran Jadi Saksi Runtuhnya Dua Kerajaan
07.12.2016

Blitar punya sebuah situs bersejarah yang cukup terkenal di Jawa Timur. Yup, sebuah candi yang bernama candi Penataran. Apakah B’timers pernah mengunjungi candi ini? Candi Penataran adalah sebuah candi yang berlatar belakang Hindu. Ketahuilah bahwa candi ini sudah ada sejak pemerintahan kerajaan Kediri hingga kerajaan Majapahit.

Satu hal yang membuat candi Penataran menjadi unik adalah komplek candi ini ternyata adalah yang terbesar di Jawa Timur. Wow! Candi Penataran terletak di kecamatan Nglegok, Blitar. Tepatnya berada di lereng barat daya Gunung Kelud.

Penemuan candi Penataran ini terjadi pada tahun 1815 silam. Orang yang menemukan adalah Sir Thomas Raffles bersama dengan para peneliti lain dari Inggris. Ternyata terbukti bahwa candi ini dibangun oleh kerajaan Kediri pada 1197 Masehi dan selesai pada 1454 Masehi saat Majapahit berkuasa.

Candi Penataran Saksi Runtuhnya Dua Kerajaan | Breaktime
Salah satu candi yang jadi favorit wisatawan

Ternyata candi Penataran juga dipercaya menjadi saksi bisu runtuhnya dua kerajaan besar di Nusantara ini. Jauh sebelum menjadi sebuah tempat wisata, candi Penataran dulunya bernama candi Palah. Hal ini disebutkan dalam kitab Negarakertagama.

Apa alasan candi Penataran dibangun di lereng Gunung Kelud? Ini semua karena fungsi sebenarnya dari candi adalah sebagai tempat pemujaan Raja Hayam Wuruk pada Hyang Acalapati atau Girindra atau Raja Gunung.

Terdapat beberapa bagian di candi Penataran, namun yang menjadi favorit wisatawan adalah candi induk yang lokasinya paling belakang. Mengapa? Yup, karena candi induk memiliki background pemandangan Gunung Kelud. Selain itu, candi induk punya tinggi 7,19 meter dan menjadi candi paling gagah di sana.

Lahan dari candi Penataran sekitar 1,3 hektar. Keren banget, deh B’timers! Anda harus mengunjungi tempat ini dan belajar banyak sejarahnya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE