Candi Kuno Di Kamboja Buat Traveler Ingin Kembali | Breaktime
Candi Kuno Di Kamboja Buat Traveler Ingin Kembali
26.07.2017

Kamboja, negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan destinasi wisata Angkor Wat ini, kembali memasukkan salah satu destinasi wisatanya dalam daftar situs budaya warisan dunia UNESCO.

Setelah Angkor Wat, kini Candi Sambor Prei Kuk yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Kompleks candi ini terletak di Provinsi Kampong Thom, sekitar 200 kilometer arah utara Phnom Penh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Pasar Tradisional Di Saigon Khusus Shopaholic

Pada situs resminya, UNESCO menggambarkan Candi Sambor Prei Kuk sebagai elemen yang penting dalam sejarah percandian Kerajaan Khmer, dengan bentuk dan arsitektur bernilai sejarah tinggi.

Dalam bahasa Myanmar, nama candi Sambor Prei Kuk memiliki makna "kuil di dalam hutan belantara". Sesuai namanya, candi ini berada di dalam hutan dan sejumlah bangunan di antaranya telah ditumbuhi akar-akar raksasa dari pepohonan berusia ratusan tahun.

Candi Kuno Di Kamboja Buat Traveler Ingin Kembali | Breaktime
Candi ini dianggap sebagai cikal bakal kerajaan Khmer sebelum era Angkor Wat

Komplek kuil ini berupa sisa-sisa reruntuhan candi yang diperkirakan dibangun sekitar abad ke-7 atau periode awal berdirinya Kerajaan Khmer. Pada saat itu, lokasi c disebut sebagai Isanapura, ibukota kerajaan sebelum Khmer yang berafiliasi dengan dinasti China.

Ada tiga kompleks utama di Sambor Prei Kuk, yaitu Preah Sambor atau Grup Utara, Preah Tor (Candi Singa) atau Kelompok Pusat; dan Preah Yeay Poun aatau Grup Selatan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Boarding Pesawat

Kompleks candi utama berdinding, berisi sejumlah prasasti kehidupan sehari-hari dan sejarah kerajaan. Beberapa ukiran di dinding dalam maupun luar candi tampak masih sangat jelas dan terawat dengan baik.

Candi Kuno Di Kamboja Buat Traveler Ingin Kembali | Breaktime
Hampir semua reruntuhan candi telah 'dimakan' oleh akar pepohonan

Apabila B'timers melakukan tour jalan kaki berkeliling area candi ini, maka akan memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Karena sebagian besar candi menghadap ke timur, pagi hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung dan mengambil foto.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh?

Sambor Prei Kuk menjadi destinasi ketiga di Kamboja yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Dua lainnya adalah Angkor Wat dan Preah Vihear, sebuah kuil abad ke-11 di perbatasan antara Thailand dan Kamboja.

Menuju Sambor Prei Kuk

Sambor Prei Kuk dapat dikunjungi dalam satu hari perjalanan atau one day tour dari Siem Reap dan Phnom Penh. Bila memungkinkan, traveler juga bisa mengunjungi kompleks candi ini dalam perjalanan dari Phnom Penh ke Siem Riep atau sebaliknya. Lokasi candi berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Kampong Thom.

Wisata ini cocok banget untuk traveler yang suka mengeksplor wisata-wisata bersejarah di berbagai penjuru dunia. So, kalau sedang liburan ke Kamboja jangan pernah melewatkan untuk mampir ke candi ini, ya.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE