Candi Gedong Songo, Warisan ini Sempat Hilang | Breaktime
Candi Gedong Songo, Warisan Sejarah ini Sempat Hilang
23.06.2016

Hayoo, Anda sudah pernah ke Candi Gedong Songo, belum, B’timers? Eh, Candi Gedong Songo itu ada di mana, ya? Hmm, memang tak banyak yang mengetahui destinasi wisata yang satu ini, sih. Anda pasti penasaran, kan, dengan warisan sejarah yang sempat hilang ini? Yuk, intip destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Semarang ini, B’timers!

Warisan sejarah yang sempat hilang

Candi Gedong Songo ini sebenarnya merupakan sebuah candi yang berada di komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu, B’timers. Terletak di Desa Candi, Kabupaten Semarang, lokasinya berada di bukit Pegunungan Ungaran. Berada di ketinggian 1200 mdpl, suhu di titik tersebut berkisar antara 19 hingga 27 derajat celcius, lho.

Jika Anda ingin menjangkaunya, tidak terlalu sulit, kok, B’timers. Dari pusat Kota Semarang, Anda hanya perlu menuju ke arah selatan ke Ungaran. Setelah itu lanjutkan ke Bandungan. Untuk mencapainya, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam, B’timers. Nah, dari sini Anda perlu berhati-hati, karena jalur jalannya masih sempit dan juga berkelok-kelok.

Candi Gedong Songo, Warisan ini Sempat Hilang | Breaktime
Ini, lho sumber air panas yang ada di Candi Gedong Songo!

Candi di bukit dengan pemandangan

Sejarah mengenai Candi Gedong Songo ini dimulai dari tahun 1740. Saat itu Sir Thomas Stamford Raffles menemukan komplek bangunan candi. Ketika awal ditemukan, komplek tersebut hanya ada 7 bangunan candi saja, B’timers. Karenanya, komplek tersebut diberi nama Candi Pitu.

Pada 1908 – 1911 ketika masa penjajahan Belanda di Semarang, ada salah seorang arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfels melakukan penelitian di lokasi komplek Candi Gedong Pitu. Dia kembali menemukan 2 bangunan candi. Sejak itulah namanya berubah menjadi Candi Gedong Songo.

Keindahan alam yang menanti di puncak

Jika Anda sudah sampai di puncak bukit, maka akan ada pemandangan indah yang menanti untuk menyambut para wisatawan. Mulai dari pegunungan-pegunungan yang membentang, deretan gunung yang berbaris. Dan sempatkan untuk mampir ke sumber air panas yang berada di Candi Gedong Empat dan Candi Gedong Tiga, ya, B’timers?

Nah, sudah tahu kan, di mana Candi Gedong Songo? Yuk, ajak keluarga untuk menyaksikan warisan sejarah yang sempat hilang, B’timers! (NO)

Share This Article