Candi Gedong Songo, Negeri Atas Awan di Lereng Ungaran | Breaktime
Candi Gedong Songo, Negeri Atas Awan di Lereng Ungaran
11.07.2015

B'timers penggemar wisata sejarah dan budaya? Tak ada salahnya berkunjung ke Ambarawa, menikmati hawa dingin kota di kawasan pegunungan ini sekaligus berunjung ke Candi Gedong Songo.

Ambarawa, kota kecil di selatan Semarang di antara jalur Bawen dan Muntilan, menyimpan berbagai destinasi wisata menarik. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Komplek Candi Gedong Songo, yang terletak di kawasan wisata Bandungan, sekitar 25 kilometer dari pusat kota Ambarawa.

Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kompleks candi di ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut ini dibangun pada abad ke-9 Masehi yang merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra.

Candi Gedong Songo, Negeri  Atas Awan di Lereng Ungaran

Sesuai namanya, Candi Gedong Songo (gedong = bangunan, songo = sembilan) memang terdiri dari sembilan bangunan candi. Antara satu bangunan candi dengan lainnya berada di ketinggian yang berbeda, ibarat berundak-undak sepeti anak tangga dari candi satu hingga ke sembilan.

Suasana sejuk hawa pegunungan yang bebas polusi dan udara berkabut di siang dan sore hari akan menemani kita sepanjang perjalanan trekking dari candi pertama hingga yang terakhir. Dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk berjalan melewati seluruh candi. Bagi wisatawan yang merasa tidak kuat trekking, bisa naik kuda yang disewakan oleh pengelola candi dengan tarif Rp 70 ribu.

Candi Gedong Songo, Negeri  Atas Awan di Lereng Ungaran

Masing-masing area bangunan candi berdiri di atas lahan sekitar kurang lebih 100 x 50 meter persegi. Di antara Candi Gedong III dengan Gedong IV terdapat kepunden gunung sebagai sumber air panas yang mengandung belerang. Wisatawan bisa merasakan hangatnya mandi air panas di kawasan ini dengan tarif masuk Rp 5 ribu.

Bangunan candi memiliki ciri khas bangunan kerajaan Hindu Nusantara yang memiliki ruangan sebagai tempat pemujaan. Konon bangunan candi yang ke sembilan melambangkan perjalanan akhir manusia mencapai kesempurnaannya. Namun pada beberapa komplek candi sudah banyak arca yang tak lagi utuh. Di beberapa bagian juga terdapat bangunan candi yang menyisakan reruntuhan batu-batuan saja.

Fasilitas

Candi Gedong Songo, Negeri  Atas Awan di Lereng Ungaran

Di kompleks wisata Candi Gedong Songo terdapat fasilitas bumi perkemahan dan pemandian air panas. Keindahan alam perbukitan dengan latar belakang hutan pinus, kebun mawar, dan kebun sayuran warga sekitar membuat kawasan ini juga sering digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding.

Menuju Candi Gedung Songo

Kawasan Candi Songo berada sekitar 30 km arah selatan Semarang, atau sekitar 30 menit dari Ambarawa. Wisatawan yang menggunakan bus umum bisa naik jurusan Semarang - Jogja dan turun di Ambarawa. Dari Ambarawa perjalanan dilanjutkan dengan angkutan desa menuju Bandungan. Setiba di pertigaan Gedong Songo, wisatawan bisa naik ojek hingga pintu masuk kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Share This Article