Candi Cangkuang, Destinasi Bersejarah dari Garut | Breaktime
Candi Cangkuang, Destinasi Bersejarah dari Garut
09.08.2016

Liburan ke Garut tak akan lengkap jika tidak mengunjungi situs penuh sejarah yang ada, B’timers. Candi Cangkuang di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kabupaten Garut ini merupakan satu peninggalan agama Hindu yang hingga kini masih berdiri dengan kokoh, B’timers. Dan ada keunikan dari destinasi yang satu ini, lho. Dan inilah keindahan dari bukti sejarah di Garut, Candi Cangkuang, B’timers!

Candi Cangkuang, Destinasi Bersejarah dari Garut | Breaktime
Tak semegah Borobudur, namun tetap unik

Peninggalan sejarah di puncak bukit kecil

Yang menjadikan situs bersejarah Candi Cangkuang ini unik adalah letaknya yang berada di puncak bukit kecil dengan dikelilingi oleh Danau atau Situ Cangkuang. Tak hanya itu, B’timers. Sebelah kiri candi ada makam kuno yang merupakan makam Embah Dalem Arief Muhammad. Dan inilah satu-satunya candi peninggalan agama Hindu yang ada di tanah Sunda, B’timers.

Candi Cangkuang, Destinasi Bersejarah dari Garut | Breaktime
Setelah belajar sejarah, naik perahu rakit, yuk!

Candi Cangkuang di tengah Danau Cangkuang

Jangan bayangkan candi peninggalan Hindu yang satu ini seperti Candi Borobudur atau Prambanan, ya? Karena di Candi Cangkuang hanya ada satu candi berukuran kecil dengan arca yang berdiri di dalamnya. Sementara untuk atap berbentuk segitiga, mirip dengan piramida, B’timers. Untuk menikmati keindahan dari bangunan bukti keagungan masa lalu, Anda hanya perlu meniti beberapa anak tangga saja.

Candi Cangkuang, Destinasi Bersejarah dari Garut | Breaktime
Danau Cangkuang di dekat Candi Cangkuang

Setelah puas meneliti setiap relief yang terpatri di badan candi, jangan lupa mampir ke museum yang ada di dekat Candi Cangkuang, ya, B’timers? Sejumlah barang antik hingga kitab kuno disimpan di dalam museum. Selain itu, museum ini menyimpan buku sejarah berisi asal usul berdirinya Candi Cangkuang. Menambah pengetahuan juga, kan, B’timers?

Berdiri di tengah Danau Cangkuang yang dikelilingi dengan pohon-pohon cangkuang, udara sejuk yang menenangkan bisa Anda dapatkan di sini, B’timers. Naik perahu rakit, lalu menikmati adat Kampung Pulo dari rumah-rumahnya. Destinasi wisata bersejarah pun bisa memiliki daya tarik tersendiri, kan, B’timers? (NO)

Share This Article