Bukit Lawang, Desa Pusat Rehabilitasi Orangutan | Breaktime
Bukit Lawang, Desa Pusat Rehabilitasi Orangutan
27.08.2016

B’timers sudah kenal Bukit Lawang? Bukit Lawang adalah sebuah desa yang damai di Sumatra Utara. Lokasinya merupakan titik akses utama menuju jantung hijau Sumatra, yakni Kawasan Ekosistem Leuser. Dan Anda akan berkesempatan melihat orangutan liar dengan mengikuti tur melewati hutan yang lebat di daerah ini.

Bukit Lawang, Desa Pusat Rehabilitasi Orangutan | Breaktime
Tempat rehabilitasi orangutan

Pusat rehabilitasi orangutan

Bukit Lawang sendiri merupakan desa wisata kecil yang berada di tepi Sungai Bahorok. Letaknya sekitar 86 km utara-barat Medan. Tempat yang merupakan rehabilitasi orangutan ini jadi tempat tinggal sekitar 5.000 orangutan, lho, dan didirikan pada tahun 1973 silam. Tujuan utamanya memang untuk melestarikan orangutan yang jumlahnya semakin menurun akibat diburu, diperdagangkan dan deforestasi.

Pernah diterjang banjir

Pada November 2003, Bukit Lawang pernah diterjang banjir, yang menghancurkan industri pariwisata setempat. Sekitar 400 rumah, 3 masjid, 8 jembatan, 280 kios dan warung makan, 35 hotel dan guest house hancur diterjang banjir. 239 orang tewas dan sekitar 1.400 penduduk setempat kehilangan tempat tinggal. Namun, berkat bantuan sejumlah lembaga internasional, area ini kembali dibangun dan dibuka lagi pada bulan Juli 2004.

Bukit Lawang, Desa Pusat Rehabilitasi Orangutan | Breaktime
Kapal bambu di Bukit Lawang

Aktivitas seru di sana

Kegiatan utama dan paling seru di Bukit Lawang adalah trekking di hutan. Anda bisa menyewa guide agar tak tersesat saat jalan-jalan, serta harus mendapat izin dari Taman Nasional Gunung Leuser terlebih dulu. Selain itu, ada banyak tempat makan buat kuliner, dan juga Anda bisa membeli souvenir khas yang terbuat dari bambu, seperti gantungan kunci, bingkai foto hingga ukiran kayu. Ada juga toko batik Genta yang menjual lukisan batik tradisional.

Wah, asyik ya, Bukit Lawang? B’timers bisa berwisata alam sekaligus mendapat edukasi tentang orangutan di sana, nih. (md)

Share This Article