Bukan Kelimutu, Danau Tiga Warna Ada di Tomohon | Breaktime
Bukan Kelimutu, Danau Tiga Warna Ini Ada di Tomohon
22.02.2016

Selama ini B'timers mengenal istilah "danau tiga warna" sebaga julukan Danau Kelimutu di Ende, Nusa Tenggara Timur. Siapa sangka, Sulawesi Utara juga punya danau tiga warna, yakni Danau Linow.
Danau Linow terletak di pinggir kota Tomohon, sekitar 30 kilometer dari ibukota provinsi Sulawesi Utara, Manado. Perjalanan dari Manado ke Tomohon melewati pegunungan dan perbukitan.
Dari pusat kota Tomohon, Danau Linow berjarak sekitar 3 kilometer, tepatnya di Kecamatan Tomohon Selatan. Lokasi danau ini sangat mudah dijangkau karena berada di jalur utama dari Tomohon menuju Kawangkoan di Kabupaten Minahasa.
Kata "Linow" diambil dari bahasa Minahasa lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air. Tak heran memang karena danau merupakan tempat berkumpulnya sejumlah air dengan warna berbeda, yaitu hijau, biru toscha, dan kuning kecoklatan.

Bukan Kelimutu, Danau Tiga Warna Ada di Tomohon | Breaktime
Bunga warna-warni khas Tomohon di sekeliling Danau Linow

Perbedaan warna air di Danau Linow terjadi karena unsur belerang yang tertimbun di dalam danau serta pembiasan dan pantulan sinar matahari. Wisatawan yang datang ke area danau ini pun akan mencium aroma belerang yang cukup kuat di sekitar danau.
Di sisi barat danau terdapat kubangan lumpur panas yang mendidih dengan gelembung air panas yang mengeluarkan asap putih pekat. Danau Linow memang masih mengeluarkan aktivitas vulkanis sehingga pengunjung dilarang berenang di area ini.
Meskipun tidak diperbolehkan berenang, pengunjung masih bisa menikmati keindahan Danau Linow dari beberapa restoran dan cafe di tepi danau. Selain itu juga terdapat beberapa wahana seperti perahu kayuh, kano, dan sepeda air.
 

Bukan Kelimutu, Danau Tiga Warna Ada di Tomohon | Breaktime
ini masih mengeluarkan gas belerang akibat aktivitas vulkanis

Danau Linow juga menjadi habitat berbagai satwa, seperti burung belibis, bangau putih, dan berbagai jenis burung serta satwa air lainnya. Di sekitar danau juga banyak tumbuh bunga warna-warni. Tak heran karena Tomohon sendiri dikenal dengan julukan "Kota Seribu Bunga".
Waktu terbaik untuk berkunjung ke danau ini adalah pada pagi hari saat udara masih segar dan bersih. Sedangkan periode terbaik adalah pada musim kemarau, sekitar bulan Juli hingga Oktober.

Fasilitas dan Akomodasi

Hanya beberapa hotel dan penginapan saja yang ada di sekitar Danau Linow, seperti Onong Palace Resort dan Highland Resort & Spa. Wisatawan biasanya menginap di Tomohon atau Manado yang punya banyak pilihan hotel dan penginapan.

Menuju Danau Linow

Dari arah kota Manado, B'timers bisa langsung menuju Tomohon dengan sewa mobil atau naik kendaraan umum berupa bis antar kota menuju Tomohon. Waktu tempuh dari Manado ke Tomohon kurang lebih dua jam perjalanan. Dari terminal bis Tomohon, terdapat angkutan umum atau ojek yang akan mengantar kita ke kawasan danau.
Untuk menuju Manado, terdapat penerbangan langsung setiap hari dari Jakarta dan Surabaya menuju ibukota Sulawesi Utara ini. B'timers juga bisa transit di beberapa kota besar lainnya seperti Balikpapan atau Makassar sebelum terbang ke Bandara Sam Ratulangi Manado. (ZA)

Share This Article