Bucket-list Beaches: Sepuluh Pantai Terbaik di Indonesia | Breaktime
Bucket-list Beaches: Sepuluh Pantai Terbaik di Indonesia
15.03.2015

Indonesia dianugerahi ribuan pantai indah yang tak kalah dengan pantai-pantai lain di dunia. Keindahan pantai-pantai di Indonesia baru-baru ini bahkan telah mendapat pengakuan dari situs perjalanan populer, Trip Advisor.

Melalui Travelers' Choice Award 2015, Trip Advisor telah mengumumkan daftar 10 pantai terbaik di Indonesia. Lima nama di antaranya ada di Bali, dan Pantai Nusa Dua dinobatkan sebagai pantai terbaik di Indonesia.

Daftar pantai-pantai terbaik ini ditentukan berdasarkan kuantitas dan kualitas review serta rating dari wisatawan yang dikumpulkan selama 12 bulan. Berikut 10 pantai di Indonesia penerima penghargaan Travelers' Choice Award 2015:

Pantai Nusa Dua, Bali

Terletak di Nusa Dua, 40 km selatan Denpasar, pantai ini memiliki pasir putih yang murni, relatif bersih, dengan ombak yang aman untuk berenang. Salah seorang reviewer Trip Advisor mengatakan bahwa Pantai Nusa Dua adalah pantai yang indah, sepi, dan menenangkan, serta lautnya relatif bersih.

Pantai Padang Padang, Bali 

Pantai ini lokasinya sedikit tersembunyi, berada di balik tebing dan pengunjung harus menuruni tangga setinggi kurang lebih 25 meter. Namun pemandangan dan suasana di pantai ini sangat unik dan wajib dikunjungi saat berlibur di sekitar Uluwatu.

Pantai Balangan, Bali 

Berlokasi di Kuta yang terkenal dengan pusatnya turis dan wisatawan, Pantai Balangan memiliki ombak yang populer di kalangan peselancar.

Pantai Tanjung Aan, Lombok

Pantai dengan pasir putih dan laut yang jernih dan biru di Lombok Selatan. Pantai Tanjung Aan juga terkenal di kalangan turis penggemar surfing. Tak jauh dari Pantai Tanjung Aan juga terdapat Pantai Batu Payung yang jadi primadona baru wisata Lombok.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai pasir putih yang dikelilingi bebatuan granit berukuran sangat besar khas Belitung. Pantai ini juga merupakan salah satu lokasi sunset terbaik di Belitung. "Pantai putih yang halus, laut jernih layaknya kristal, ombak yang tenang dan jajaran bebatuan besar yang artistik," tulis seorang reviewer Trip Advisor.

Pantai Pasir Putih Karang Asem, Bali

Bali memang surganya pantai-pantai terbaik di Indonesia. Pantai Pasir Putih ini terletak di Karang Asem, sekitar 20 menit berkendaraan dari Candi Dasa di pantai timur Bali. Pantai ini masih relatif sepi dan jadi tempat yang sempurna untuk "mengungsi" dari keramaian.

Pantai Jemeluk Amed, Bali

Terletak tak jauh dari Tulamben yang merupakan salah satu spot diving terbaik di Bali, Pantai Jemeluk juga ideal untuk aktivitas snorkeling dan menyelam. Terletak di kawasan Amed, pantai ini juga menawarkan restoran dan kehidupan malam yang memanjakan tiap pengunjung.

Pantai Pink, Kepulauan Komodo

Sesuai namanya, pantai ini benar-benar memiliki pasir bewarna pink yang terbentuk dari partikel koral dan terumbu karang. Lokasi pantai ini berada di Kepulauan Komodo dan dapat dijangkau dengan naik perahu motor dari Labuan Bajo. Selain pantainya yang berwarna pink, keindahan bawah laut di pantai ini juga merupakan salah satu yang terbaik di Flores.

Tanjung Papuma, Jember

Berlokasi di selatan Jember, Jawa Timur, pantai ini identik dengan sebuah batu karang besar yang dikelilingi deburan ombak khas pantai selatan Jawa yang mengesankan. Pantai ini relatif sepi, tenang, dan cocok untuk liburan keluarga karena dilengkapi fasilitas cottage, camping area, dan beberapa stand kuliner seafood.

Pantai Klayar, Pacitan

Siapa sangka Pacitan yang terletak di barat daya Jawa Timur ini memiliki pantai berpasir putih yang relatif sepi dan belum tersentuh. Seorang reviewer Trip Advisor menilai pantai ini "sangat cantik dan pemandangannya tak terlupakan,"

Apakah salah satu dari 10 pantai di atas juga masuk ke dalam bucket-list B’timers? 

Share This Article