Ini Dia! Festival Laskar Pelangi di Belitung | Breaktime
B’timers, Jangan Ketinggalan Festival Laskar Pelangi di Belitung
19.08.2015

Provinsi Bangka Belitung bakal menggelar Festival Laskar Pelangi di akhir Agustus nanti. Momen yang tepat bagi B'timers yang punya rencana berwisata ke Pulau Belitung.

Festival Laskar Pelangi akan digelar di Belitung Timur, tepatnya di kawasan Pantai Tanjung Tinggi pada tanggal 27-29 Agustus. Kawasan ini juga merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Sukses penayangan film Laskar Pelangi turut mengorbitkan industri pariwisata Belitung dan pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Lengkuas yang identik dengan mercusuar dan batu-batu granit raksasa di sepanjang pantai.

Ini Dia! Festival Laskar Pelangi di Belitung | Breaktime
Replika SD Laskar Pelangi di Belitung Timur

Film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini juga menjadi alasan berdirinya Museum Laskar Pelangi di Belitung Timur. Film garapan sutradara Riri Riza ini dirilis pada 26 September 2008 dan ditonton hingga 4,6 juta orang hanya dalam waktu enam bulan.

Baca Juga : DANAU KAOLIN, BEKAS TAMBANG YANG KINI JADI DESTINASI WISATA DI BELITUNG

Berbagai budaya khas Belitung seperti tarian, musik, serta aksi teatrikal akan menyemarakkan rangkaian acara di Festival Laskar Pelangi 2015. Puncak acara akan diwarnai dengan Tari Pendulang Timah yang dibawakan oleh sekitar 700 penari.

Ini Dia! Festival Laskar Pelangi di Belitung | Breaktime
Pulau Lengkuas di Belitung yang terkenal dengan mercusuar

Selain menggugah minat masyarakat pada edukasi sastra, festival yang memasuki tahun ke empat ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitung Timur. Melalui acara wisata edukasi ini, promosi pariwisata Belitung Timur dapat berjalan maksimal.

Kabupaten Belitung Timur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada bulan Maret lalu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah meresmikan Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Share This Article