Bromo & Ijen, Tujuan Wisata Utama Turis Mancanegara | Breaktime
Bromo & Ijen, Tujuan Wisata Utama Turis Mancanegara
30.04.2015

Masihkah Anda merasa bahwa destinasi wisata utama yang paling wajib untuk dikunjungi adalah Pulau Dewata? Well, agaknya anggapan ini sudah mulai bergeser karena terbukti provinsi Jawa Timur makin dilirik oleh wisatawan yang datang dari mancanegara, dengan Bromo dan Ijen sebagai objek wisata favoritnya.

Simak saja pertumbuhan wisman yang kini jumlahnya mencapai 54%. Bertambahnya jumlah wisman ini disesuaikan dengan naiknya jumlah wisatawan dalam negeri sebesar 16% dan 54% untuk wisatawan yang datang dari mancanegara. Nah, bagi B’timers yang memang berjiwa traveller dan selalu haus akan keindahan alam nusantara, jangan lewatkan pengalaman untuk mendaki gunung Bromo.

Gunung yang terletak di ketinggian 2.393 meter di atas permukaan laut dan diapit oleh kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang ini kerap menyedot perhatian para wisatawan karena menyuguhkan sunrise view yang mengagumkan  pada bagian puncak penanjakan gunung. Selain itu, B’timers juga bisa menjajal skill fotografi dengan mengabadikan setiap sudut keindahan gunung bromo berlatar lautan pasir luas.

Momen pas untuk memotret sunrise Bromo yang memukau
Momen pas untuk memotret sunrise Bromo yang memukau

Puas menikmati sunrise di Bromo, bergeraklah ke Gunung Ijen yang lokasinya berada di kawasan Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Gunung api aktif yang merupakan rentetan dari gunung api Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi ini memiliki sebuah kawah eksotis dengan panoramanya yang “mematikan”.

Kemilau eksotisme Kawah Ijen
Kemilau eksotisme Kawah Ijen

Pemandangan Kawah Ijen seluas 5.466 hektar ini memancarkan kemilau hijau toska. Kendati tertarik untuk mendekat, Anda harus puas untuk menikmatinya dari titik yang ditetapkan lantaran air kawah yang bervolume sekitar 200 juta meter kubik ini panasnya mencapai 200ᵒ C dan memiliki derajat keasaman mendekati 0, cukup cepat untuk membuat kulit dan baju lumat seketika.

Selain itu, kawah ijen akan menyuguhkan pemandangan super eksotisnya pada saat dini hari, sekitar pukul 01.99. Anda akan terbelalak dengan pijaran blue fire dari cairan belerang yang makin menguak keindahan Kawah Ijen.

Bagaimana, B’timers? Tertarik untuk berpetualang di Bromo dan Kawah Ijen? Jangan lupa siapkan semua peralatan travelling dan stamina tubuh Anda agar perjalanan ini terasa lebih menyenangkan! Have a nice trip!

Share This Article