Bocoran Tentang Jalur Pendakian Mahameru | Breaktime
Bocoran Tentang Jalur Pendakian Mahameru
24.03.2017

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Indonesia adalah negeri yang sangat kaya. Nusantara adalah mahakarya Tuhan yang terbaik, kemajemukkan budaya dan kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Nusantara memiliki berbagai keajaiban alam yang sepertinya tak perlu jauh-jauh untuk pergi ke luar negeri. Dua hal yang paling dikenal adalah laut dan gunung berapi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Kali ini kekayaan gunung berapi di Indonesia membawa Breaktime untuk mengulas salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Apalagi kalau bukan Gunung Semeru. Kemahsyuran gunung dengan jalur pendakian yang sangat mempesona ini sudah terdengar hingga mancanegara. Gunung Semeru semakin populer sejak dijadikan sebagai lokasi syuting film 5 cm. 

Bocoran Tentang Jalur Pendakian Mahameru | Breaktime
Ketenangan tersirat di Ranu Pani (by Google)

Baca juga : OMBAK TERBAIK KELAS DUNIA MILIK WATU KARUNG

Salah satu bagian penting dari Ibu Pertiwi ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Masih satu komplek dengan keindahan lainnya, yaitu Gunung Bromo. Sebelum mencapai puncak Mahameru, para pendaki akan disuguhkan dengan keindahan dan ketenangan dua danau yang berada di ketinggian. Ranu Pani dan Ranu Kumbolo bisa dibilang sebagai primadona di sepanjang jalur pendakian.

Ketika Anda terus melangkahkan kaki di jalanan yang menanjak menuju Mahameru, tak hanya dua ranu tersebut yang bisa Anda nikmati. Suasana hutan dengan berbagai jenis flora ada di sana. Mulai dari hutan pinus hingga padang edelweiss yang eksotis. Anda juga bisa merasakan sensasi mencekam di hutan mati yang ada di kawasan Kalimati. Itu juga termasuk jalur pendakian menuju puncak Mahameru.

Bocoran Tentang Jalur Pendakian Mahameru | Breaktime
Oro-oro Ombo jadi keindahan tersembunyi di lereng Semeru (by Google)

Baca juga : BALANTING PARING: SENSASI ARUNG JERAM DENGAN BAMBU

Untuk sampai di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada tiga jalur yang bisa Anda lalui, yaitu Malang, Probolinggo, dan Lumajang. Kalau dari kota Malang, Anda bisa menuju Pasar Tumpang menuju Desa Jemplang dan terus menuju Desa Ranu Pani. Kalau dari Probolinggo, Anda bisa menuju Sukapura, Desa Jemplang, dan sampai di Desa Ranu Pani.

Sesampainya di Desa Ranu Pani, yang harus Anda lakukan adalah lapor di pos dengan mengisi dan melengkapi perijinan maupun persyaratan untuk mendaki. Setelah semua beres, Anda baru bisa mulai mendaki, menelusuri kaki Gunung Semeru dan berdiri di puncak tertinggi Jawa. Adapun jalur yang akan Anda lalui adalah sebagai berikut.

Bocoran Tentang Jalur Pendakian Mahameru | Breaktime
Mistisnya Kalimati tempat istirahat para pendaki (by Google)

Baca juga : INI HIDDEN PARADISENYA TEMPAT WISATA TULUNGAGUNG

Ranu Pani – Landengan Dowo dengan jarak tempuh 3 km dan waktu tempuh 1,5 jam

Landengan Dowo – Watu Rejeng dengan jarak tempuh 3 km dan waktu tempuh 1,5 jam

Watu Rejeng – Ranu Kumbolo dengan jarak tempuh 4,5 km dan waktu tempuh 2 jam

Ranu Kumbolo – Oro-oro Ombo dengan jarak tempuh 1 km dan waktu tempuh 30 menit

Oro-oro Ombo – Cemoro Kandang dengan jarak tempuh 1,5 km dan waktu tempuh 30 menit

Cemoro Kandang – Jambangan dengan jarak tempuh 3 km dan waktu tempuh 1,5 jam

Jambangan – Kalimati dengan jarak tempuh 2 km dan waktu tempuh 1 jam

Kalimati – Arcopodo dengan jarak tempuh 1,2 km dan waktu tempuh 2,5 jam

Arcopodo – Cemoro Tunggal – Puncak Mahameru dengan jarak tempuh 1,5 km dan waktu tempuh 3 – 4 jam

Melihat jalur yang memang cukup panjang dan melelahkan, banyak hal yang harus Anda persiapkan dan tidak bisa sembarang orang yang akan berhasil sampai ke Puncak Mahameru. Gunung ini terkenal masih sangat mistis dan juga memiliki jalur kematian yang dinamakan dengan Blank 75. Ini adalah sebuah jurang dengan kedalaman 75 meter yang seringkali memakan korban. Jadi, sebelum menaklukkan Mahameru, Anda harus mempersiapkan fisik, mental, dan segala sesuatu yang perlu dibawa. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE