Berwisata dan Belanja di Pulau Batam | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Berwisata dan Belanja di Pulau Batam
14.05.2016

B’timers tentu sudah familiar dengan reputasi Batam sebagai surga tempat belanja barang elektronik. Selain itu, Batam yang dekat dengan Singapura juga menawarkan transportasi murah untuk pergi ke Singapura. Di Batam, ada banyak spot asyik untuk destinasi wisata, mulai dari pantai hingga mall. Apa saja yang bisa dilakukan di Batam untuk memanjakan diri?

Berwisata dan Belanja di Pulau Batam | Breaktime
Tata kota yang canggih, rapi dan bersih

Layanan spa dan pijat

Bagi Anda yang hobi dengan perawatan, banyak tersedia tempat spa dan message di Batam. Tempat-tempat ini pun menjadi tujuan favorit turis, khususnya dari Singapura. Salah satu yang terbaik adalah Balinese Massage, dengan kisaran harga pijat Rp 170 ribu atau sekitar SGD 25. Thai massage juga sangat populer di sini, dengan kisaran harga di bawah Rp 200 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan pijatan mantap a la Thailand.

Menikmati seafood segar di tepi pantai

Tak lengkap rasanya kalau ke Batam tanpa makan seafood-nya yang famous. Teradpat beragam makanan laut segar dengan harga yang terjangkau. Dari jajaran restoran seafood yang ada di hampir semua wisata pantai, yang cukup terkenal adalah Harbour Bay Seafood Restaurant dan Golden Prawn Seafood Restaurant dengan view tepi laut yang memukau. Menu yang disajikan pun beragam mulai dari udang, kerang, kepiting, cumi dan masih banyak lagi.

Berwisata dan Belanja di Pulau Batam | Breaktime
Desain pelabuhan unik dan futuristik

Mampir ke Nagoya Hill Mall dan belanja

Selain dapat menyantap hidangan seafood, Anda juga berkesempatan untuk mengunjungi salah satu mall terbesar di sana yakni Nagoya Hill Mall. Di sini tersedia lengkap semua barang yang Anda cari. Kota Batam juga terkenal dengan adanya ‘barganing’ atau tawar menawar, di mana semua orang bebas menawar produk yang dibelinya, kecuali terdapat label harga pas

Minum wine dan alkohol dengan harga terjangkau

Para pecinta wine dan alkohol, datanglah ke Batam. Jika di banyak kota di Indonesia, toko oleh-oleh biasanya menyajikan makanan khas daerah, di Batam saat kita masuk toko oleh-oleh bukannya tersedia makanan khas, melainkan berbagai jenis minuman beralkohol. Wah, tak sulit menemukan wine dan minuman beralkohol berkualitas di sini, namun satu hal yang perlu diingat, yang boleh membeli ini harus berumur di atas 20 tahun.

Berwisata dan Belanja di Pulau Batam | Breaktime
Jembatan khas Batam

Petualangan dengan aktivitas olahraga air

Pulau Batam juga sangat terkenal dengan olahraga airnya. Pilihan olahraga air yang patut Anda coba di antaranya parasailing, banana boat, windsurfing, jet ski dan kayak dengan harga mulai dari  SGD 55 SGD. Beberapa destinasi pantai  yang menawarkan olahraga ini di antaranya Nongsa, Melur Pantai di Pulau Galang.  Bahkan aktivitas ekstrem seperti snorkeling dan diving bisa Anda coba di Pulau Batam.

Bermain golf atau gabung dalam kursus golf internasional

Golf juga jadi olahraga populer di Batam. Tak heran banyak sekali kursus golf internasional yang dapat Anda temukan di sana. Khusus bagi Anda pecinta golf, belum lengkap rasanya kalau belum ke Batam. Beberapa area rumput padang golf berstandar internasional bisa Anda sambangi. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Tering Bay International yang didesain oleh Greg Norman, perancang kursus golf bertaraf internasional.

Berwisata dan Belanja di Pulau Batam | Breaktime
Seafood lezat memanjakan lidah

Sepeda dan motor yang melewati pantai utara

Menikmati keindahan pantai sambil bersepeda merupakan salah satu yang Anda dambakan. Nikmati pengalaman biking atau motorcycling menyusuri keindahan tepi pantai menuju ke hutan-hutan yang rumpun. Anda bisa memulai rute biking Anda melalui daerah Duriangkang Reservoir dan Nongsa Coast.  Estimasi jaraknya adalah sekitar 30 km dengan bersepeda dari Pantai Turi tepatnya di Nongsa Village, yang kemudian melalui Teluk Mata Ikan, melewati pantai-pantai Batu Besar dan akhirnya melalui Perumahan Citra Mas real ke Tering Bay Golf.

Jembatan Barelang

Bagi yang ingin melihat secara lebih dekat budaya masyarakat lokal, Jembatan Barelang merupakan satu di antara lokasi yang paling tepat untuk disambangi.  Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana kurang lebih 45 menit berkendara dari kota besar. Meski demikian perjalanannya akan sangat berharga terutama ketika Anda mau mengabadikan setiap momen aktivitas biking Anda dan pemandangan alam sekitar. 

Berwisata dan Belanja di Pulau Batam | Breaktime
Bisa mengabaikan sajian fantastis ini?

Jembatan Barelang ini tersusun atas 7 jembatan secara keseluruhan. Anda bisa menjumpai sejumlah pedagang kali lima di sana dan beberapa orang yang berlalu lalang. Setelah melintasi jembatan, B’timers juga berkesempatan menemukan restoran yang menjual beraneka ragam makanan laut yang bahkan lebih murah dibandingkan di tempat- tempat lainnya. (BK)

Share This Article