Berpetualang Seru di Kerajaan Rempah, Bandanaira | Breaktime
Berpetualang Seru di Kerajaan Rempah, Bandanaira
02.07.2017

Mumpung lagi liburan panjang nih, apakah B’Timers sudah merencanakan akan berwisata ke mana? Yang jelas sih, Anda memiliki preferensi tempat wisata yang ingin Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Biasanya sih tujuan wisata di Indonesia yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan saat musim liburan seperti ini adalah Pulau Bali, Pulau Lombok, atau kota Yogyakarta. Padahal, di Indonesia masih banyak daerah-daerah yang memiliki pesona alam dan kebudayaan yang tak kalah indahnya. Salah satunya adalah Bandanaira. Hayo, berapa banyak dari Anda yang mengenal atau pernah mendengarnya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Juara, Raja Ampat Jadi Paket Perjalanan Terbaik!

Tak kenal maka tak sayang, yuk berkenalan dulu dengan Bandanaira. Bandanaira, atau yang lebih dikenal dengan Kepulauan Banda ,wilayah kepulauan di Kabupaten Maluku Tengah. Bandaneira bisa dibilang merupakan primadona-nya masyarakat Maluku. Dari zaman dulu hingga sekarang, kepulauan ini memiliki peranan besar dalam produksi serta pendistribusian rempah.

Tercatat, Bandanaira memegang angka sebesar 40% dari 995 ton pala yang diekspor dari Maluku Tengah. Dan di saat yang sama, Bandanaira juga menyumbang hasil perikanan sebesar 85% yang diekspor ke seluruh Indonesia, dengan total hasil perikanan sebesar 33.350,50 ton. Those were a lot!

Bahkan, kepulauan inilah yang menjadi pintu masuk bagi pemerintah kolonial, sekaligus menjadi kepulauan pertama yang mereka kuasai. Sejarah merekam bahwa Bandaneira menjadi tempat berlabuh bagi kapal ekspedisi Portugis D’Abreau yang dipimpin oleh Albuguergue. Tepatnya, pada tahun 1512 silam. Bahkan, kepulauan ini juga sempat menjadi objek perebutan bagi pemerintah kolonial Belanda dan Portugis, lho

Berpetualang Seru di Kerajaan Rempah, Bandanaira | Breaktime
Hamparan laut di kepulauan ini sangat indah, ya?

Dan karena tempat ini sempat menjadi daerah kekuasaan Belanda, kepulauan ini menawarkan berbagai macam tempat-tempat wisata bernilaikan sejarah, salah satunya rumah pengasingan dari tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan. Yup, mantan wakil presiden Indonesia yang pertama, yaitu Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Dr. Cipto Mangukusumo dulu sempat ditahan dan diasingkan di tempat ini. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi benteng peninggalan Belanda zaman dulu, yaitu Benteng Belgica. Kondisi benteng historis tersebut juga masih berada dalam keadaan terawat, lho. Jadi sama sekali tak ada kesan angker.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Nggak Cuma Aurora, Iceland Juga Punya Ini!

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Rumah Budaya, bangunan yang memiliki fungsi sebagai museum ini menampung berbagai macam benda-benda bersejarah. Yang mana, masing-masing dari benda-benda tersebut memiliki kisah sejarah di baliknya. Mulai dari gramofon, masker menyelam, alat memasak, meriam, lonceng gereja, hingga peralatan perang semuanya ditata dengan rapi dan dalam keadaan yang terawat.

Di Rumah Budaya ini juga terdapat lukisan yang menggambarkan peristiwa pembantaian 44 orang warga Banda atas perintah gubernur jenderal Belanda bernama Jan Peiterzoon Coen. Anda bahkan dapat mengunjungi lokasi pembuangan jenazah 44 korban tersebut, yaitu sebuah sumur tua yang terletak tidak jauh dari Benteng Nassau. Oleh warga, sumur tua tersebut dikenal sebagai Perigi Rante (Sumur Berantai). Dan terlepas dari sejarah kelamnya, kondisi sumur tua ini terlihat terawat. Dan bahkan di dekat sumur tersebut didirikan sebuah monumen sejarah yang mencantumkan nama dari 44 korban pembantaian tersebut. Jika Anda kebetulan berkunjung ke situs sejarah ini, sempatkan untuk berdoa untuk kedamaian arwah mereka ya, B’Timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kece, 5 Tempat yang Bisa Dikunjungi di Bali

Belum lengkap rasanya jika Anda hanya berwisata sejarah di sini, karena pulau-pulau di Bandanaira memiliki pesona alam yang unik dan sangat indah. Salah satunya adalah Pulau Syahrir. Pulau yang nampaknya dinamakan berdasarkan tokoh sejarah Sutan Syahrir ini, menawarkan keindahan bawah laut yang spektakuler, terlebih lagi dengan kondisi geografisnya yang tepat berada di sekitar Gunung Berapi. Untuk Anda yang hobi menyelam, di sekitar pulau terdapat tempat penyewaan peralatan selam.

Bagaimana, B’Timers? Tertarik untuk menjelajahi negeri rempah-rempah ini? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE