Berpetualang di Dau Go Cave, Gua Terbesar di Halong Bay | Breaktime
Berpetualang di Dau Go Cave, Gua Terbesar di Halong Bay
13.08.2015

B'timers gemar berwisata petualangan dan sedang merencanakan liburan ke Hanoi? Dau Go Cave di Halong Bay merupakan salah satu destinasi yang pantang untuk terlewatkan.

Halong Bay atau Teluk Halong merupakan destinasi utama yang menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang datang ke Vietnam. Lokasinya berjarak kurang lebih tiga jam perjalanan darat dari Hanoi.

Keindahan Halong Bay memang sudah sangat populer. Kumpulan pulau-pulau kecil dan bukit karst di sekitar teluk Halong ini merupakan satu dari UNESCO World Heritage Site dan salah satu kejaiban dunia versi New 7 Wonders Foundation.

Namun keindahan Halong Bay tak hanya di pulau-pulau karstnya. Beberapa pulau menyimpan keunikan di dalamnya, salah satunya adalah sebuah goa bernama Hang Dau Go atau lebih populer dengan nama Dau Go Cave.

Berpetualang di Dau Go Cave, Gua Terbesar di Halong Bay | Breaktime
Stalakmit dan stalaktit di Dau Go Cave

Dau Go Cave terletak di pulau batu kapur yang berjarak sekitar 8 km arah selatan Bai Chay. Pulau ini bisa ditempuh dengan penyeberangan perahu kecil, kapal feri, atau cruise wisata Halong Bay selama kurang lebih 30 menit dari dermaga Halong.

Goa ini berada di sebuah pulau yang cukup unik. Konon pulau ini berbentuk seperti ubur-ubur bila dilihat dari kejauhan. Pulau karang di pulau ini sendiri tercipta sejak jaman Pleistosen, sekitar kurang lebih 2 juta tahun yang lalu.

Setelah tiba di dermaga pulau, pengunjung harus mendaki 90 anak tangga sebelum tiba di pintu masuk gua. Begitu memasuki gua, pengunjung langsung dibuat kagum dengan rangkaian stalagmit dan stalaktit berukuran raksasa serta gemericik air yang mengalir di dalam goa.

Berpetualang di Dau Go Cave, Gua Terbesar di Halong Bay | Breaktime
Sinar matahari yang masuk dari celah di atap Dau Go Cave

Pada salah satu bagian goa terdapat lubang di atapnya, membuat sinar matahari menerobos masuk dan menciptakan pemandangan yang luar biasa. Sepintas, pemandangan ini mengingatkan kita pada Goa Jomblang di daerah Jogja.

Selain pemandangan alami yang menakjubkan, goa Dau Go ini juga menyimpan sejarah perjuangan bangsa Vietnam. Menurut catatan sejarah, goa ini pernah dipakai oleh Panglima Tran Hung Dao untuk menyimpan senjata dan mempersiapkan pasukan saat menghadapi invasi Kubilai Khan dari Mongol pada abad ke-13.

Beberapa sudut di bagian dalam goa Dau Go pun diyakini memiliki hubungan dengan peristiwa bersejarah tersebut, di antaranya adalah beberapa stalagmit dan stalagtit yang seolah berbentuk wajah manusia, kuda, dan makhluk lainnya.

Berpetualang di Dau Go Cave, Gua Terbesar di Halong Bay | Breaktime
Pemandangan Halong Bay dari view point Dau Go Cave

Pemandangan menakjubkan lainnya adalah saat keluar dari pintu goa. Terdapat sebuah view point dimana wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang Teluk Halong, perbukitan karst, dan kapal-kapal pesiar khas Halong Bay yang bersandar di dermaga pulau.

How to get there

Goa Dau Go bisa dicapai dengan penyeberangan feri atau perahu kecil dari dermaga Halong. Namun wisatawan biasanya sudah memasukkan destinasi ini pada paket tour Halong Bay. Paket tour bisa dibeli di hotel atau agen perjalanan saat menginap di Hanoi atau beli tiket on the spot di dermaga Halong.

Share This Article