Berpetualang Bersama Gajah Sumatera di Way Kambas | Breaktime
Berpetualang Bersama Gajah Sumatera di Way Kambas
27.03.2015

Berwisata ke habitat asli satwa langka yang dilindungi bisa menjadi tantangan sekaligus pengalaman yang sangat berharga. Hal itu bisa B'timers dapatkan saat berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas.
 
Way Kambas merupakan taman nasional tempat perlindungan gajah di Pulau Sumatera, tepatnya berlokasi di Kecamatan Labuhan Ratu, berjarak sekitar 110 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Taman nasional ini merupakan salah satu cagar alam tertua di Indonesia. Way Kambas menempati lahan seluas 1.300 kilometer persegi yang sebagian besar berupa dataran rendah di sekitar kawasan Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung.
 
Di Lampung sendiri terdapat dua taman nasional besar, yaitu Way Kambas dan Bukit Barisan Selatan di Gunung Leuser. Way Kambas menjadi pusat pelestarian Gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus yang populasinya terus menurun dalam beberapa tahun terakhir karena perburuan liar.
 
Taman Nasional Way Kambas yang berdiri sejak tahun 1985 ini juga merupakan sekolah gajah pertama ada di Indonesia. Pusat Konservasi Gajah (PKG) Way Kambas menjadi tempat untuk penjinakan, pelatihan, pengembangbiakan, dan konservasi ratusan gajah yang disebar ke penjuru Indonesia.

Berpetualang Bersama Gajah Sumatera di Way Kambas

Selain gajah, di taman nasional ini juga terdapat International Rhino Foundation untuk menjaga spesies badak dari kepunahan. Way Kambas juga menjadi rumah konservasi bagi berbagai jenis flora fauna dan sebagai lokasi penelitian para ilmuwan dan biolog.
 
Sebelum memasuki area taman nasional Way Kambas, Anda harus mendapat ijin terlebih dulu dari pihak konservasi di kantor pusat di Bandar Lampung. Lokasi perijinan masuk taman nasional ini terletak tak jauh dari terminal bis Rajabasa Lama, Lampung.
 
Di Pusat Konservasi Gajah, B’timers bisa berkeliling di sekitar area taman nasional sambil menunggang gajah, tentunya dengan dipandu seorang ranger. Pusat informasi tentang gajah, taman nasional, hutan, satwa liar, dan konservasi bisa didapatkan di Plang Ijo, tak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas.

Berpetualang Bersama Gajah Sumatera di Way Kambas

Tak hanya menunggang gajah, kontur alam Way Kambas yang berupa dataran rendah dan aliran sungai juga memungkinkan Anda untuk berkeliling dengan perahu dayung dan kapal motor. Fasilitas kapal motor juga terdapat di kawasan pesisir atau daerah pantai.
 
Bagi yang ingin menginap, terdapat fasilitas penginapan dan cottage di Satwa Gajah Eco Lodge yang terletak sekitar 500 meter di luar pintu masuk taman nasional. Satu kamar bisa menampung dua sampai empat orang, dengan fasilitas kipas angin, air panas, dan western toilet. Sedangkan di dalam area taman nasional, terdapat satu resort yaitu Way Kanan Resort. Kedua resort ini sudah terdapat aliran listrik bertenaga surya.

 How to get there

Berpetualang Bersama Gajah Sumatera di Way Kambas

Bila melakukan perjalanan darat dari Jakarta, maka rute yang ditempuh adalah menuju pelabuhan Merak - Bakaheuni, kemudian ke arah Bandar Lampung, dilanjutkan menuju Metro dan Rajabasa. Kemudian naik bis dari terminal Rajabasa menuju Way Jepara, dan dilanjutkan dengan ojek menuju Way Kanan atau pintu masuk taman nasional Way Kambas. Sebaiknya berangkat pagi atau siang karena saat sore tidak ada transportasi umum atau ojek menuju taman nasional.
 
Bagaimana B'timers, sudah siap berpetualang bersama mamalia raksasa bertelinga lebar ini di taman nasional Way Kambas?

Share This Article