Berkunjung ke Kota Beragam Budaya: Singkawang | Breaktime
Berkunjung ke Kota Beragam Budaya: Singkawang
08.05.2015

Berlibur ke tempat-tempat yang memiliki suasana alam asri seperti Lembang Bandung atau segarnya Pantai Bali dan Lombok barangkali sudah pernah B’timers jajal sebelumnya. Bila kini Anda mulai haus untuk mengenali destinasi wisata yang memiliki keberagaman budaya, jangan ragu untuk bertandang ke Singkawang, Kalimantan Barat.

Yap, Singkawang merupakan “surga wisata” bagi siapa saja yang menyukai traveling untuk mendapatkan suasana baru. Di sini, B’timers bisa melihat panorama bangunan China Town. Klenteng dan patung Buddha karena sebagian besar warganya memeluk agama Buddha dan Konghucu. 

Tak heran bila Singkawang juga mendapat julukan “Kota Seribu Kelenteng”. Namun, selain bangunan China Town, B’timers juga bisa mendatangi sejumlah destinasi wisata yang kerap menjadi tujuan pra turis domestik maupun mancanegara yang datang ke Singkawang. Berikut tempat-tempat spesial Singkawang yang wajib dikunjungi:

Pasir Panjang

Serunya parasailing di Pasir Panjang
Serunya parasailing di Pasir Panjang

Terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pantai ini diberi nama Pantai Pasir Panjang lantaran membentang panjang di laut lepas sepanjang 3 km. Di sini terdapat sarana olahraga air seperti jetsky hingga parasailing yang pastinya akan memacu derasnya laju adrenalin B’timers!

Sinka Island Park

Eksotisnya suasana pulau terkecil di dunia
Eksotisnya suasana pulau terkecil di dunia

Bila B’timers penasaran untuk melihat seprti apa lokasi yang pernah dinobatkan PBB sebagai pulau terkecil di dunia, datang saja ke Sinka Island Park yang di dalamnya terdapat Pualau Simping, sang pulau terminimalis. Di pulau ini ada beberapa jenis pohon dan bebatuan dengan kondisi alam yang masih perawan. A perfect place for contemplating.

Gunung Poteng

Pemandangan eksotis menuju puncak Gunung Poteng
Pemandangan eksotis menuju puncak Gunung Poteng

Sudah pernah “beramah-tamah” dengan Gunung Bromo atau Rinjani? Saatnya B’timers merasakan puncak Gunung Poteng dengan mendakinya. Kawasan ini juga dinobatkan sebagai hutan Cagar Alam Raya Pasi yang menampung flora langka seperti Raflesia Arnoldi hingga Anggrek Singkawang.

Tak hanya itu, keberadaan fauna langka seperti Bberuang madu dan landak adalah “secuil” keeksotisan yang ditawarkan Gunung Poteng sebelum Anda benar-benar sampai di puncaknya. Perjalanan yang super mantap!

Tunggu apa lagi, segera agendakan waktu yang tepat untuk menjelajahi alam kota Singkawang saat liburan nanti. Jangan lupa pula untuk mampir sejenak ke “Pasar Hong Kong” yang ramai dengan beragam etnis dan aneka usaha di malam hari yang bisa ditemui di Jalan Setiabudi. Selamat datang di Singkawang!

Share This Article